Perjanjian yang Harus Dipatuhi Vendor Ponsel Jika Ingin Pakai OS Android Google

By on May 7, 2014
3. Perjanjian yang Harus Dipatuhi Vendor Ponsel Jika Ingin Pakai OS Android Google 1

Saat ini sudah tak terhitung lagi ada berapa banyak ponsel yang telah mempergunakan OS android dari Google. Hampir semua ponsel cerdas pasti mempergunakan android, terkecuali produksi Apple. Namun apakah Anda tahu kenapa banyak sekali ponsel yang mempergunakan sistem operasi android. Alasan yang pertama adalah android itu gratis. Ya, Google menggratiskan aplikasinya untuk dipergunakan secara gratis pada ponsel apapun juga. Tidak ada biaya yang ditarik Google sehingga harga ponsel tersebut bisa sangat murah.

Alasan kedua adalah sistem operasi android bisa dimodifikasi oleh setiap vendor. Jika Anda perhatikan, ada perbedaan tampilan pada ponsel-ponsel dari merek yang berbeda. Hal ini karena Google memperbolehkan androidnya untuk dimodifikasi agar setiap ponsel mempunyai daya saing yang kuat dan fitur yang membedakan dengan ponsel buatan vendor lain. Hal ini tentu saja menarik minat vendor ponsel, selain tidak perlu buang uang untuk research pembuatan OS mereka sendiri, mereka masih bisa memodifikasi OS gratis tersebut sesuai keinginan mereka.

Namun ternyata ada batasan dan syarat-syarat yang ketat yang harus dipatuhi setiap produsen ponsel yang mempergunakan OS android. Hal in terungkap dalam sidang sengketa antara Samsung dan Apple di pengadilan. Dari situ terungkap bahwa setiap vendor ponsel android mempunyai kesepakatan dengan Google yang disebut The Mobile Application Agreement. Kesepakatan tersebut berisi antara lain bahwa setiap ponsel android harus memasang aplikasi asli dari Google yaitu Gmail, Youtube, dan juga Google Search.

android, aplikasi android, google, harga samsung, os android

Selain itu juga diatur bahwa aplikasi Google tersebut letaknya tidak boleh terlalu kebawah dan bahkan harus di posisi paling atas atau di default Home Screen. Fitur search dan ikon Google Play harus ada di halaman paling awal, di baris paling atas, dan juga menjadi default. Hal tersebut mutlak dilakukan oleh vendor ponsel  yang ingin mempergunakan OS android Google. Bagi yang tidak setuju, masih bisa mempergunakan android namun tidak boleh memasang aplikasi Google secara default di ponsel mereka.

Sebagai timbal balik, maka Google akan menyediakan perlindungan hukum kepada para produsen ponsel tersebut jika tersangkut masalah hukum mengenai fitur-fitur aplikasi dan ponsel mereka, sebagai contoh adalah kasus Samsung dan Apple saat ini. Google memberikan bantuan baik pengacara dan juga dana untuk membantu Samsung karena dituduh telah melanggar hak paten Apple atas dua dari lima fitur Samsung yang dituduh melanggar hak cipta Apple.

Dengan kesepakatan ini setiap vendor ponsel yang mempergunakan OS android merasa bebas untuk mempergunakan fitur-fitur yang ada didalam OS ini. Selain itu mereka juga merasa terlindungi dengan adanya perjanjian tersebut, paling tidak jika mereka harus membayar denda maka Google akan menanggung sebagian dari denda tersebut.

android, aplikasi android, google, harga samsung, os android

BACA JUGA:

Kerugian Nokia Dibalik Akuisisi Oleh Microsoft

285 juta unit Smartphone Berada Di pasaran Saat Ini

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *