Perhatikan Tips Membeli Kamera Baru Agar Terhindar Dari Penipuan Seller

By on January 4, 2014
4. Perhatikan Tips Membeli Kamera Baru Agar Terhindar Dari Penipuan Seller

Seringkali memang pada forum-forum fotografi pemula ini bertanya-tanya dari kamera jenis apakah yang dirasa paling bagus? Membandingan satu merek dengan merek yang lainnya ini bertujuan supaya saat Anda nantinya pergi ke toko kamera dan tidak mengerti mana yang bagus akan menjadi sasaran empuk para pedagang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini ada berbagai macam tips membeli kamera barusupaya menghindari penipuan.

Banyak yang bertanya, bagaimanakah mungkin ada penipuan dari para seller yang menjual barang baru? Permasalahan seperti ini seringkali sudah banyak dibahas dalam berbagai forum di internet ataupun blog. Pada umumnya mereka ini merupakan korban dari kasus penipuan, tetapi lebih tepatnya adalah kebohongan dan juga kurangnya fair dari seller dalam memberikan harga pada sebuah barang. Korban ini tentunya adalah orang-orang yang memang kurangnya informasi mengenai dunia fotografi.

Tips membeli kamera baru yang pertama adalah sebelumnya Anda harus tentukanlah merk dan jenis kameranya. Pastikanlah Anda sudah ada rekomendasi merk dan tipe kamera yang akan dibeli. Minimalnya Anda haruslah menentukan dua sampai tiga merk kamera pada satu jenis ataupun model untuk perbandingan manakah yang terbaik. Janganlah Anda sampai kebingungan pada saat di toko.

kamera, beli kamera, tips kamera, seller

Kedua adalah mencari referensi. Sekali lagi ini merupakan cara terjitu sebelum Anda membeli kamera. Pahamilah dan tanyakanlah kepada teman Anda yang mengerti hal ini mengenai performa, fitur dan harga pada kamera yang diinginkan. Beberapa fitur dan juga spesifikasi utama yang perlu diperhatikan pada kamera adalah ukuran sensor, pilihan dari mode yang tersedia, built in flashnya, autofocus dan berbagai macam hal lainnya.

Ketiga adalah mencari referensi harganya. Nah disinilah point yang perlu Anda perhatikan dengan baik yaitu masalah harga. Sangatlah penting untuk terlebih dahulu mengetahui referensi dari harga pada sebuah produk kamera yang memang sesuai dengan pasaran. Anda bisa melakukannya dengan cara browsing ataupun melihat daftar dari produk pada situs kamera itu sendiri. Ketika Anda nantinya berada di dalam toko kamera dan kemudian mendapatkan harga yang terpaut terlalu mahal dari yang sudah Anda lihat sebelumnya, maka Anda perlu curiga. Lalu juga dengan harga yang terpaut terlalu murah dari harga yang sudah dilihat sebelumnya.

Keempat adalah mencari tahu apa sajakah aksesoris bawaan kamera tersebut. Hampir dari semua barang elektronik yang baru tentunya mempunyai bonus dari aksesoris bawaannya. Seperti pada saat membeli ponsel, yang mendapatkan sebuah charger, headset dan yang lainnya. Begitu juga dengan kamera yang umunya memiliki lensa, charger, tas ataupun perangkat yang lainnya.

Kelima janganlah percaya 100% dari ucapan seller yang mengatakan perbandingan dari kamera satu dengan yang lainnya. Berpatokanlah dari hasil survey Anda sebelumnya di internet.

Tips membeli kamera baru yang terakhir adalah kebohongan seller mengenai masalah spesifikasi. Perlu diingat resolusi besar bukanlah jaminan kualitas gambarnya bagus, melainkan kemampuannya untuk mencetak dengan ukuran yang besar tanpa adanya dot atau piksel yang terlihat.

kamera, beli kamera, tips kamera, seller

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *