Percepat Tampilan Grafis dengan OpenCL

By on December 2, 2013
5.PERCEPAT Tampilan Grafis dengan OpenCL

Rendering video adalah proses yang lama dalam pemakaian software video editing. Kemampuan prosesor yang tinggi sangat diperlukan. Saat ini Anda bisa memanfaatkan OpenCL guna mempercepat performa berbagai perangkat komputer anda.

OpenCL telah terinstal di berbagai software, sehingga mampu mempengaruhi hardware supaya bisa berjalan lebih cepat. Salah satunya adalah dalam aktivitas rendering video. Sehingga dalam proses tersebut tak hanya memanfaatkan CPU sebagai pemacu kinerjanya. Tetapi pada perangkat grafis, seperti GPU atau VGA.

Sebelumnya Nvidia telah menerapkan CUDA yang memaksimalkan GPU dalam pemrosesan data. Teknologi OpenGL telah dikenal dalam operasi  disain CAD, gaming dan rendering video. OpenCL yang sekarang berkembang sudah disematkan di berbagai aplikasi dengan dukungan besar pabrikan hardware. Pola kerja aplikasi tersebut sekilas sama, hanya saja OpenCL optimal dalam mengakselerasi berbagai proses software  sedangkan OpenGL kerap menampilkan berbagai gambar.

Kemampuan OpenCL dalam mengatur kerja GPU atau VGA sebagai CPU memang bisa diandalkan. Dengan pemanfaatan software ini, kemampuan CPU bisa dikolaborasi dengan kecepatan GPU yang disematkan pada  perangkat komputer Anda. Sehingga seakan menambahkan kecepatan khusus atau hardware khusus pada perangkat komputer Anda.

Memanfaatkan OpenCL yang bekerja sangat pintar dengan mengoptimalkan bagian utama pada sebuah perangkat komputer. Perangkat tersebut adalah perangkat memory lokal dan private memory. Shader akan ditangani oleh kernel OpenCL. Selain itu, mempunyai sistem sinkronisasi yang mampu melakukan koordinasi proses data. Biasanya bisa diakses dalam unit multi eksekusi.

Dengan keunggulan ini, proses lainnya bisa dilakukan oleh GPU, tentunya bila OpenCL telah didukung oleh software. OpenCL sangat berbeda dengan sistem OpenMP dan MPI. OpenMP dan MPI hanya berfokus pada peningkatan performa hardware terutama CPU. Cara lain dengan membelah semua proses dengan melibatkan thread.

OpenCL sangat fokus pada prose yang berada pada thread dan mengoptimalkan perangkat yang berhubungan dengan prosesor yaitu GPU, CPU dan DSP. OpenCL versi 1.2 merupakan versi terbaru yang bisa Anda manfaatkan dalam meningkatkan performa perangkat komputer Anda. Versi terbaru ini  muncul, setelah OpenCL berkembang dan dipercaya masyarakat selama tiga tahun ini.

Bagi Anda pemakai prosesor AMD bisa memanfaatkan AMD APP SDK yang bisa Anda dapatkan dengan gratis. Bagi yang memakai Intel generasi 1 dan 2 yang telah disematkan Intel HD Graphics  bisa mendownload OpenCL dengan gratis pada situs resmi Intel. Platform CUDA juga disiapkan oleh Nvidia yang bisa diakses dengan gratis juga.

Berbagai kemudahan dan kepraktisan dalam mengunduh aplikasi tersebut akan memperlancar memanfaatkan OpenCL ini. Sehingga Anda bisa mendapatkan segera performa cepat dan handal pada perangkat komputer Anda. Dengan performa yang cepat, berbagai aktivitas Anda terutama yang berhubungan dengan kemampuan grafis bisa Anda nikmati dengan cepat dan berkualitas.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *