Perawatan Kartu Memori Kamera Digital

By on January 2, 2014
4.Perawatan Kartu Memori Kartu Digital1

Kini masyarakat dimanjakan dengan beragam perangkat digital yang semakin mempermudah dan memperluas pengalaman di berbagai bidang. Nah, penggunaan perangkat digital tentu tidak bisa dipisahkan dari kartu memori yang menjadi barang pokok tak terkecuali untuk kamera digital. Ketika Anda mengambil foto atau video, Anda akan menyimpan data dan file dari foto maupun video tersebut sebelum nantinya dipindahkan ke komputer.

Anda mungkin hanya satu dari sekian banyak orang yang tidak bisa meninggalkan kamera digital kemana pun Anda pergi terutama jika Anda pergi berlibur. Dengan demikian, Anda pastinya juga akan menggunakan kartu memori kamera digital Anda lebih sering. Meskipun Anda menggunakannya lebih sering, Anda mungkin termasuk satu dari sekian banyak orang yang tidak tahu cara merawat kartu memori pada kamera digital.

Anda perlu mengetahui mengenai cara merawat kartu memori jika Anda tidak ingin mengalami kehilangan foto yang sering terjadi apabila kartu memori yang digunakan rusak. Anda yang bekerja di dunia fotografi wajib mengetahui cara untuk merawat kartu memori yang berisi data untuk pekerjaan Anda. Agar kartu memori Anda tak rusak, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kartu memori baik untuk ponsel maupun kamera digital.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika tidak ingin kartu memori kamera digital cepat rusak adalah menghindari terlalu sering memindahkan kartu memori dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jika Anda memiliki beberapa kamera, ada baiknya Anda memiliki lebih dari satu kartu memori. Untuk transfer data ke komputer, sebaiknya Anda menggunakan card reader dengan kualitas bagus yang seringkali menjadi bawaan beberapa produk kamera agar lebih aman dan lebih cepat sekaligus menghemat daya baterai.

kartu memori

Sering terjadi masalah hilangnya file penting ketika mencabut kartu memori dari komputer dengan cara yang tidak benar. Anda sebaiknya menutup seluruh file dan menggunakan Safely Remove Hardware and Eject Media sebelum mencabut kartu memori sehingga tidak ada kontak antaraperangkat dan kartu memori. Jika ingin cari aman, sebaiknya Anda mencabutnya setelah komputer dalam keadaan mati.

Ada baiknya Anda melakukan format kartu memori secara berkala beberapa bulan sekali untuk mengembalikan kapasitas dan fungsi seperti awal. Proses loading atau pemuatan foto setelah mengambil gambar merupakan hal yang umum terjadi pada kamera digital Anda dan Anda sebaiknya menunggu dengan sabar meskipun proses loading tersebut lama agar foto tidak hilang.

Jika biasanya Anda baru berhenti memotret ketika kartu memori kamera digital sudah penuh, Anda sebaiknya tak perlu melakukan hal ini karena kegiatan pemotretan disarankan dihentikan ketika kartu memori 90% penuh. Sebaiknya Anda menghindarkan air, benturan, dan magnet yang bisa merusak kartu memori. Akan jauh lebih baik jika Anda membeli kartu memori yang mempunyai daya tahan yang lebih lama meskipun harganya sedikit lebih mahal dan jangan lupa melakukan pengecekan virus pada kartu memori secara berkala.

kartu memori

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *