Perangkat Nokia Akan Segera Dihapuskan Dari Muka Bumi

By on July 22, 2014
2. Perangkat Nokia Akan Segera Dihapuskan Dari Muka Bumi 1

Beberapa hari yang lalu ada berita mengejutkan dari Microsoft yang mengatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi Nokia X series yang terdiri dari Nokia X dan Nokia XL. Kedua varia Nokia X tersebuut merupakan perangkat Nokia dengan OS Android yang telah dimodifikasi oleh Microsoft sehingga tidak akan mendapat layanan dari Google Play Store. Berita tersebut sebenarnya adalah sebuah memo internal perusahaan dari CEO Satya Nadella kepada seluruh pegawai Microsoft.

Namun ternyata berita mengejutkan tersebut masih berlanjut karena Microsoft juga berencana akan penghentikan platform Nokia Asha dan S40. Berita mengejutkan ini sebenarnya sudah bisa ditebak karena Microsoft sendiri sudah punya sistem operasi kebanggaan mereka yaitu Windows Phone. Dikatakan dalam memo tersebut bahwa Microsoft akan mulai serius fokus pada Windows Phone dan untuk ketiga perangkat yang akan dihentikan tersebut, mereka akan masuk ke “modus pemeliharaan” dan layanan dukungan untuk mereka akan ditutup pada 18 bulan kedepan.

Sungguh tragis nasib Nokia X ini karena mereka hanya dimuat untuk dihancurkan. Nokia X hanya berusia 5 bulan saja sejak diluncurkan dan kini sudah dihentikan dan di Indonesia sendiri Nokia X belum genap 4 bulan masuk ke pasaran. Bahkan saat ini Nokia X sedang gencar dipromosikan. Microsoft sendiri mengaku masih akan menjual perangkat Nokia X sampai stok habis namun mereka menjamin layanan purna jualnya masih akan diberikan dalam jangka waktu yang lama.

Dikatakan lebih lanjut bahwa perangkat Nokia X akan dialihkan untuk platform Windows Mobile sehingga nantinya Anda tidak akan menemukan Nokia X Android namun perangkat yang sama persis dengan sistem operasi Windows Phone. Tujuan penghentian produksi Nokia X Android ini tak lain adalah untuk menggenjot jumlah penjualan perangkat, aplikasi, layanan, dan juga platform Windows dari Microsoft seperti Lumia 930 dan Lumia 1520.

Ada hal lain yang lebih mengejutkan yakni diumumkan bahwa Microsoft akan memecat sekitar 18.000 karyawannya mulai tahun 2015 dan akan dilakukan secara bertahap dalam waktu 6 bulan. Dari jumlah tersebut, yang banyak menjadi korban adalah unit bisnis Microsoft Mobile yang notabene adalah nama lain dari unit bisnis ponsel dan layanan Nokia setelah perusahaan ini diakusisi Microsoft.

PHK ini adalah yang terbesar yang pernah dilakukan oleh Microsoft dan akan dilakukan bersamaan dengan penghentian produksi perangkat Nokia yang akan dihapuskan dadi muka bumi. PHK Microsoft ini dilakukan untuk menghemat biaya operasional sebesar 600 juta dollar dalam waktu 18 bulan.

Nah bagi Anda yang masik mempunyai Nokia X, bisa Anda simpan smartphone tersebut sebagai kenang-kenangan. Namun strategi yang lebih baik adalah menjualnya kembali dan membeli perangkat baru seperti Nokia Lumia atau smartphone merek lain.

2. Perangkat Nokia Akan Segera Dihapuskan Dari Muka Bumi 2

Baca Juga :

Bye Bye Android Nokia X, Kau Masuk Museum

Proyek Rahasia Nokia di Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *