Perangkat Hibrid Windows Phone dan Android

By on January 10, 2014
3.Perangkat Hibrid Windows Phone dan Android1

Atmosfer persaingan di dunia ponsel pintar memang terlihat semakin pekat karena ada banyak vendor yang saling bersaing dari segi spesifikasi dan harga. Selain itu, tentu tidak bisa dipungkiri bahwa ponsel pintar tidak bisa dipisahkan dari sistem operasi dan produsen sistem operasi pun saling berlomba untuk meraup lebih banyak pengguna dari seluruh penjuru dunia.

Selama ini publik mungkin mengenal beberapa sistem operasi andalan yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengguna ponsel pintar. Sistem operasi yang dimaksud adalah sistem operasi Apple dan Android yang masih dianggap sebagai sistem operasi paling populer. Namun demikian, pengguna Android bisa dipastikan lebih banyak mengingat sistem operasi ini digunakan tidak hanya oleh satu vendor khusus melainkan juga banyak vendor lainnya.

Kepopuleran penggunaan sistem operasi Android yang merupakan besutan Google rupanya tidak menyurutkan keinginan produsen perangkat lunak lain untuk memproduksi sistem operasi yang mampu menyaingi sistem operasi tersebut. Microsoft mencoba memecah dominasi sistem operasi Android di dunia dengan meluncurkan Windows Phone. Meskipun meraih tingkat penggunaan yang cukup bagus lewat beberapa produk ponsel khususnya Nokia, sistem operasi ini masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan sistem operasi Android yang sudah berkembang demikian pesat.

windows phone, android, hybrid android, smartphone

Tidak mengherankan jika pihak Microsoft berusaha untuk mencari cara agar sistem operasi miliknya tersebut mampu menjadi pesaing sistem operasi Android. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan ambisi ini, tetapi salam satu cara yang dianggap potensial untuk dilakukan adalah dengan memberikan izin pada partner OEM Windows Phone dengan menggabungkan sistem operasi Windows Phone dan Android dalam satu perangkat sehingga perangkat tersebut bisa dijalankan dengan sistem dual booting.

Informasi yang didapat dari beberapa dokumen internal perusahaan, Microsoft sedang melakukan pertimbangan serius mengenai penerapan opsi dual booting tersebut sebagai langkah yang mungkin bsia ditempuh untuk memperluas penggunaan sistem operasi Windows Phone. Beberapa bulan sebelum kemunculan kabar ini, sempat muncul rumor dibulan Oktober mengenai salah satu OEM yang menjadi pabrikan Windows Phone, HTC yang sedang mempersiapkanproduk ponsel dual-booting Windows Phone dan Android.

Anda mungkin menyambut gembira mengenai rencana ini, tetapi Anda jangan terlalu bergembira karena ada beberapa kendala teknis yang mungkin harus dihadapi jika memang pihak Microsoft benar-benar ingin memproduksi ponsel pintar dual booting Windows Phone dan Android karena persyaratan hardware untuk kedua sistem operasi tersebut mempunyai perbedaan.

Ada spekulasi yang menyatakan bahwa pembicaraan mengenai dokumen tersebut sebenarnya merupakan rencana pembuatan desain perangkat generik OEM yang bisa dipsanag sistem operasi Windows Phone maupun Android dengan mudah meskipun tidak memasang keduanya sekaligus. Dokumen tersebut juga menjelaskan mengenai beberapa opsi lain termasuk pembebasan biaya lisensi Windows Phone untuk OEM yang berminat hingga penggunaan royalti paten yang diberikan OEM pada Microsoft untuk biaya pengiklanan perangkat dari produsen yang sama.

windows phone, android, hybrid android, smartphone

BACA JUGA:

Perangkat Windows Phone Sony Meluncur Tahun Ini

Pelihara PC dengan Ashampoo WinOptimizer 10

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *