Pentingnya Menjadi Unggul dan Tetap Berkarakter dalam Bidang Teknologi Informasi di Era Globalisasi

By on June 26, 2014
1.Pentingnya Menjadi Unggul dan Tetap Berkarakter dalam Bidang Teknologi di Era Globalisasi2

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia saat ini dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang demikian cepat khususnya di bidang teknologi. Perkembangan yang sangat signifikan di bidang teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan di bidang lain. Di era globalisasi ini, Indonesia bisa tertinggal sangat jauh jika tidak mampu mengimbangi laju perkembangan khususnya di bidang teknologi.

Beragam teknologi menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Anda tentu harus mengakui bahwa teknologi informasi mempunyai peranan yang sangat besar terhadap dunia termasuk di Indonesia. Teknologi informasi kini tidak hanya memiliki peran dasar untuk menyebarkan informasi melainkan juga mempunyai peran yang lebih kompleks dan melibatkan berbagai bidang kehidupan.

Internet merupakan salah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang hidup dalam suasana modern. Internet mempunyai peranan penting tidak hanya untuk kehidupan profesional seseorang melainkan juga kehidupan profesional orang tersebut. Dengan kata lain, kesuksesan profesional dan personal seseorang akan dipengaruhi oleh penggunaan internet.

Akan tetapi, penggunaan internet bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, internet memang sangat berguna untuk membuka mata banyak orang mengenai berbagai hal. Jika dimanfaatkan dengan baik, internet bahkan bisa membantu Anda menghasilkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Di sisi lain, kesalahan dalam penggunaan internet justru akan menjerumuskan orang ke dalam kemudaratan.

Di era globalisasi ini, masyarakat dituntut untuk menyinergikan beragam informasi menjadi landasan kerangka berpikir dalam memecahkan beragam masalah yang ditemukan dalam kehidupan. Penggunaan teknologi di era yang lebih global menuntut orang untuk melakukan perubahan pola pikir. Selain itu, teknologi juga digunakan untuk solusi pemenuhan kebutuhan, solusi untuk menaklukkan kompetisi yang semakin ketat, dan membangun budaya bertahan hidup di tengah semakin liarnya persaingan di dunia.

Perlu disadari pula bahwa bangsa yang mampu menguasai pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi mempunyai peluang besar untuk menguasai dunia. Tidak bisa dipungkiri bahwa pergeseran persiangan terjadi pada era globalisasi ini. Persaingan saat ini terjadi dengan mengunggulkan kualitas dan kemudahan akses pada suatu produk. Kecepatan, kepercayaan, dan flesibilitas menjadi kunci memenangkan persaingan dengan didukung oleh kemampuan belajar dan membangun jaringan.

Tuntutan ini tentu perlu dijawab oleh sumber daya manusia yang mempunyai kepribadian arif yang mampu mengedepankan kompetensi yang tinggi dengan karakter yang baik. Selain itu, kemampuan untuk belajar mandiri secara berkelanjutan dan kemapanan spiritual menjadi kunci penting untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk meraih kesuksessan dalam pemanfaatan, pengembangan, dan pelestarian kekayaan Indonesia baik dari segi demografis, geografis, dan sosial-budaya.

Manusia dengan karakter tersebut mampu mengembangkan kemampuan emulatif yang meliputi info-ware, human-ware, organo-ware, dan techno-ware sehingga mampu menghasilkan produk teknologi dengan kualitas tinggi, rendah biaya, rendah risiko, dan sangat kompetitif di era globalisasi.

teknologi, teknologi informasi, gadget, hp terbaru

BACA JUGA:

Pabrikan Apple Jalankan Windows

Pengen Tahu Hasil Photoshop Pertama di Dunia?

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *