Pentingnya 5G di Era Internet of Things

By on September 2, 2015
2. Pentingnya 5G di Era Internet of Things 1

Era Internet of Things adalah era di mana semua benda dapat diakses melalui internet. Dengan kata lain benda-benda yang ada di sekitar kita akan terhubung secara otomatis dengan koneksi internet. Kabar baiknya, era ini sudah semakin dekat. Nah, yang menjadi kunci utama sekaligus pendukung utama era Internet of Things adalah adanyaa dukungan teknologi jaringan 5G. Dalam sebuah acara akbar Intel Developer Forum 2015, para petinggi Intel serta para ahli industri perangkat teknologi sepakat bahwa teknologi jaringan 5G akan sangat mendukung berbagai layanan dengan fasiliats jaringan internet jauh lebih cepat. Menariknya lagi, para pengguna internet tidak akan menemui lagi jeda waktu alias loading yang lama saat sedang mengakses suatu informasi dengan menggunakan jaringan internet.

Diprediksikan bahwa ketika era Internet of Things ini muncul, akan lebih banyak lagi perangkat yang dapat terhubung dengan internet. Dengan kata lain tak hanya perangkat Smartphone, laptop, atau PC saja yang dapat didukung dengan internet berkecepatan tinggi, melainkan juga perangkat-perangkat lainnya. Perangkat-perangkat yang terhubung dengan koneksi internet 5G akan memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsinya secara otomatis. Contohnya saja kulkas pintar yang dapat mengetahui secara otomatis bahwa persediaan telur menipis. Dengan via internet, kulkas pintar tersebut akan mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi pada pemilik untuk segera berbelanja telur.

Aicha Evans, salah satu petinggi Intel, mengatakan bahwa berkat teknologi jaringan 5G, semua akan jauh lebuh mudah untuk terhubung dan tetap terhubung dengan internet. Ia menambahkan, teknologi jaringan 5G merupakan teknologi gabungan dari semua jenis teknologi nirkabel (2.5 G, 3G, 4G, LTE, dan WiFi). Tentu saja teknologi jaringan ini dapat mengubah cara komunikasi dan interaksi kita dengan seluruh masyarakat dunia. Saat ini komunikasi yang telah kita lakukan masih berada di kelompok transmisi single mode yang artinya ketika kita mencari suatu informasi, informasi tersebut akan kembali ke kita sendiri. Berbeda jika kita menggunakan teknologi jaringan 5G. Dengan jaringan 5G, komunikasi kita akan sangat responsif dan interaktif. Tahun 2020 adalah perkiraan awal mulanya lahirnya era Internet of Things. Di tahun tersebut, diperkirakan 50 miliar perangkat atau benda elektronik akan terhubung dengan koneksi internet secara global.

Anda bisa bayangkan mobil Anda berkendara secara otomatis tanpa Anda harus memegang setir. Bayangkan juga mobil Anda dapat membaca rambu-rambu lalu lintas, peralatan rumah pintar, sistem sensor kota pintar, sistem otomasi industri, fasilitas kesehatan pintar, drone pribadi, robot pintar, dan masih banyak benda lainnya. Semua benda ini perlu dihubungkan dengan internet. Dapat disimpulkan bahwa berkat dukungan 5G, peran internet akan jauh lebih efektif dan efisien. Diperkirakan juga sebanyak 30 hingga 40 persen populasi manusia di dunia akan terhubung satu sama lainnya.

Internet of Things

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *