Penampakan Tablet PC Milik Nokia Tahun 2001

By on April 19, 2014
Nokia-Web-Tablet-1

Secara diam-diam, ternyata pada tahun 2001 silam ketika dunia smartphone dan tablet belum seramai sekarang ini, ternyata Nokia telah mengembangkan perangkat yang memiliki fungsi yang menyerupai tablet PC seperti yang kita kenal sekarang ini.

Dalam sesi wawancara yang dilakukan oleh ISTV yang merupakan salah satu media di Finlandia dengan Esko Yliruusi, yang merupakan mantan karyawan Nokia, mengatakan bahwa perangkat tablet yang dibuat dan dikembangkan oleh Nokia tersebut diberi nama seri M501.

Menurut pernyataan adri Yliruusi, yang pada saat itu menjabat sebagai Data Communications Specialist dari tahun 1996 hingga 2001 silam, Tablet seri M501 sudah dianggap canggih pada masa itu, walaupun memang dari segi bentuk berbeda dengan tablet Apple yang populer mulai tahun 2010 belakangan ini. Tablet Nokia tersebut memang lebih tebal jika dibandingkan dengan tabpet PC yang banyak dibuat belakangan ini.

Selain itu juga, desain tablet Nokia seri M501 ini juga memiliki penopang yang mirip dengan tablet Surface Microsoft yang berfungsi untuk membantunya berdiri secara vertikal. Tapi sayangnya layar yang dimiliki mungkin tergolong primitif untuk ukuran saat ini, karena tablet tersebut masih mengusung layar hitam putih.

Selain itu, tablet Nokia tersebut memiliki beberapa tombol di kedua sisinya yang bisa digunakan untuk menavigasi antarmuka dari tablet tua ini. Tapi sayangnya, ternyata perangkat tersebut tidak jadi dipasarkan oleh pihak Nokia.

Lantas mengapa saat itu pihak Nokia memutuskan untuk membatalkan proyek tabletnya tersebut?

Banyak pertanyaan terkait hal ini. Padahal kita tahu jika sampai Nokia memproduksi Tablet tersebut, maka secara otomatis Nokia akan memiliki kesempatan sebagai vendor pertama yang mampu meluncurkan tablet PC, bahkan jauh-jauh hari sebelum kita semua mengenal teknologi ponsel pintar.

Seperti dikutip dari laman BGR. Kalau kita melihat secara keseluruhan, ternyata tablet tersebut terlihat terlalu tebal atau bahkan sangat tebal jika dibandingkan dengan konsep tablet PC yang pertama kali diperkenalkan oleh pihak Microsoft.

Dengan hanya memiliki layar monokrom dan juga tombol-tombol yang tersebar banyak di kedua sisi layarnya tersebut, maka M501 juga dianggap kurang praktis digunakan dan tidak memenuhi standar kepraktisan yang memang diagung-agungkan oleh Nokia. Jika dibandingkan dengan inovasi Apple yang hanya menyediakan tombol fisik yang terbatas di tabletnya, maka sangat jelas tablet ini tidak praktis.

Yliruusi juga mengatakan bahwa tablet Nokia tersebut datang terlalu dini di masanya, alasan itulah yang akhirnya membuat pihak Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek tersebut secara keseluruhan. Keputusan Nokia tersebut bisa jadi menjadi keputusan yang tepat jika melihat perkembangan tren tablet PC saat ini. Tapi ini sudah cukup membuktikan bahwa jauh sebelum tablet PC hadir, ternyata konsep itu telah digagas Nokia lebih dahulu.

0739098Nokia-M501780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *