Pemerintah Tiongkok Larang Penggunaan Windows 8

By on August 5, 2014
2. Pemerintah Tiongkok Larang Penggunaan Windows 8 1

Jika di Indonesia masyarakat berlomba-lomba upgrade sistem operasi dari Windows XP atau Windows 7 ke Windows 8, maka tidak dengan masyarakat di negara Tiongkok. Mereka justru menolak untuk mempergunakan Windows 8 di komputer mereka. Justru mereka bertahan dengan sistem operasi Windows XP yang telah berusia tua, namun mereka percaya keamanan data mereka lebih baik dengan Windows XP daripada Windows 8. Keputusan bahwa pemerintah Tiongkok larang penggunaan Windows 8 untuk komputer pemerintah didukung oleh para ahli keamanan.

Hasilnya, tidak ada satupun komputer pemerintah yaitu yang berada di kantor-kantor pemerintah, TV pemerintah dan semua layanan pemerintah yang mempergunakan sistem operasi Windows 8. Pemerintah Tiongkok mengambil keputusan tersebut karena takut data-data penting mereka dicuri oleh pemerintah Amerika dan semua pihak yang mempunyai akses ke Windows 8.

Juru bicara Microsoft di Tiongkok, Joanna Li mengaku terkejut dengan keputusan pemerintah tersebut dan lembaga pusat pengadaan pemerintah Tiongkok tidak merinci kenapa keputusan tersebut diambil dan melarang kantor pemerintah mempergunakan Windows 8.Namun sebelum pemerintah Tiongkok larang penggunaan Windows 8, Microsoft sendiri mengaku telah bekerja proaktif dengan berbagai lembaga pemerintah dan instansi yang terkait untuk melakukan evaluasi Windows 8 untuk memastikan bahwa produk dan layanan mereka memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh pemerintah.

Microsoft mengaku bahwa Windows 8 telah dievaluasi bersama pemerintah terkait dan telah lulus uji. Ada kecurigaan bahwa keputusan pemerintah Tiongkok larang penggunaan Windows 8 ini adalah salah satu cara “balas dendam” pemerintah Tiongkok atas Microsoft yang menolak untuk memperpanjang usia hidup Windows XP. Padahal di Tiongkok sebagian besar masyarakat dan instansi pemerintah masih mempergunakan Windows XP untuk komputer mereka.

Dikabarkan bahwa pengguna Windows XP di Tiongkok masih sekitar 70% dan penghentian dukungan terhadap Windows XP membuat komputer tersebut rentan terhadap serangan hacker, virus, dan juga berbagai macam program jahat. Oleh sebab itu pemerintah Tiongkok menolak larang penggunaan Windows 8 dan memaksa Microsoft meneruskan dukungan terhadap Windows XP yang sangat disukai karena selain ringan juga sangat nyaman dipergunakan.

Masyarakat Tiongkok takut bahwa suatu saat Windows 8 juga ditinggalkan oleh Microsoft dan penggunanya harus membeli lagi sistem operasi baru yang mahal. Kecurigaan lain adalah adanya ketakutan dari pemeriintah Tiongkok yang menduga bahwa Windows 8 disisipi program untuk melakukan kegiatan mata-mata yang merupakan kerjasama pemerintah Amerika dengan Microsoft untuk mencuri data dari pengguna komputer di Tiongkok.

Kecurigaan ini menyusul bocornya rahasia bahwa dinas  intelijen Amerika melakukan penyadapan kepada pemerintah Tiongkok. Rahasia penyadapan yang dilakukan NSA terhadap pemerintah Tiongkok ini dibocorkan oleh Snowden beberapa waktu yang lalu dan sempat mempengaruhi suhu politik Amerika dan Tiongkok.

2. Pemerintah Tiongkok Larang Penggunaan Windows 8 2

Baca Juga :

Awas Windows 8 Curi Data Anda – Kata Pemerintah Tiongkok

Petunjuk Pemakaian pada Windows 8.1

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *