PC Menularkan Virus Ke Android Anda

By on January 30, 2014
3. PC Menularkan Virus Ke Android Anda 2

Hati-hati jika Anda hendak menyambung Android Anda ke PC karena sekarang banyak virus yang bisa menjangkiti Android Anda yang ditularkan lewat PC. Android disebut sebagai salah satu OS yang paling rentan terkena virus dari dunia internet. Hal ini disebabkan karena biasanya Android selalu terhubung ke internet 24 jam sehari dan para users sering tidak peduli dengan apa yang mereka jelajahi di internet itu. Sehingga android sangat mudah terkena bermacam adware, malware, dan berbagai jenis virus.

Virus-virus dan malware yang ada di internet dan menjangkiti Android Anda bisa sangat merugikan Anda karena biasanya virus-virus tersebut mampu mematikan gadget Anda atau merusak aplikasi-aplikasi yang ada pada Android Anda. Selain itu yang lebih parah adalah adanya virus yang mampu mencuri lalu lintas data pada gadget Anda. Jika ini terjadi bisa-bisa data kartu kredit, data pin atm dan bermacam-macam file yang Anda simpan di Android tersebut bisa tercuri dan dipergunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Selain langsung melalui internet, virus bisa juga menular melalui PC Anda. PC menularkan virus ke Android Anda melalui hubungan nirkabel dan juga lewat USB. Saat Anda mngubungkan Android ke PC untuk berbagai keperluan seperti memindahkan file lagu atau gambar maka virus dengan bebas bisa menjangkiti Android Anda. Virus ini tergolong baru karena selama ini belum pernah ada virus yang menular melalui PC.

 virus, pc, android, smartphone, malware

Program jahat yang mampu membuat PC menularkan virus ke Android Anda bernama Trojan Droidpak. Trojan ini adalah salah satu malware yang ditemukan oleh Symantec. Penelitinya bernama Flora Liu berhasil mengindentifikasi malware Droidpak ini pada sistem windows. Malware ini menginvasi PC dan kemudian Android dengan menyisipkan file DLL pada Windows dan membuat register service baru yang tetap aktif walau PC Anda restart.

Pada PC file DLL tersebut kemudian diam-diam mendownload file APK yang kemudian dipasang diam-diam pada perangkat android yang terhubung pada PC tersebut. Setelah berhasil menginfeksi Android, virus ini kemudian membangun aplikasi Google Play palsu lengkap dengan ikon yang sama persis tapi dengan nama Google App Store. Malware ini terbukti juga mencari aplikasi banking online danmenggantinya dengan aplikasi palsu yang bertujuan untuk mencuri data pengguna online banking tersebut.

Oleh sebab itu jika Anda tidak ingin PC menularkan virus ke Android Anda maka yang harus Anda lakukan adalah menginstal antivirus pada PC Anda dan secara rutin menscan komputer Anda agar terbebas dari virus. Selain itu pada Android Anda juga harus diinstal dengan antivirus yang cukup ampuh agar Android Anda terbebas dari virus berbahaya dan juga malware yang hendak mencuri data-data penting Anda.

virus, pc, android, smartphone, malware

BACA JUGA:

Keunggulan Update Aplikasi Bing Di Android

BlackBerry Manjakan Android Dengan BBM Voice Dan BBM Channels

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *