Password WIFI di Server Google

By on September 18, 2013
Password WIFI di Server Google (2)

Tanpa Anda sadari anda sebagai pengguna Google telah memberikan informasi kepada Google mengenai password WIFI anda dengan sukarela. Oleh karena itu menjadi sangat mungkin bahwa Google sudah mengetahui dan juga kemudian menyimpan seluruh password WIFI yang ada di seluruh dunia.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya? Ternyata itu sangat mudah. Mengutip dari Computer World, hari Senin 16 September 2013, google bisa mengetahuinya melalui fitur Backup dan Reset yang sudah terintegrasi sejak kemunculan Android dengan versi 2.2 dan selanjutnya.

Para pengguna google dengan fitur itu mendapatkan ijin untuk melakukan back-up  terhadap seluruh pengaturan pada handphone lamanya. Dengan memakai fitur ini, secara otomatis seluruh setting pengaturan di handphone yang lama akan dapat dipindah ke handphone yang baru sehingga para pemakai handphone android tidak perlu repot lagi harus mengatur handphone barunya. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk mensetting ulang pengaturan di handphone baru.

Tetapi yang tidak diketahui oleh Anda para pengguna Android adalah, fitur tersebut ternyata secara otomatis juga melakukan back up terhadap password  WIFI Anda yang tersambung ke server Google. Itu lah yang membuat Google bisa membaca data-data tersebut secara mudah karena data-data tersebut telah berada di server mereka.

 Password WIFI di Server Google

Yang kita tidak tahu adalah  apakah Google telah membacanya atau bahkan mungkin telah menyebarkan data yang penting tersebut. Biarpun di sisi lain, sebenarnya  petunjuk tentang kemampuan ini sudah diberikan oleh Google.

Pada Android 4.2 ke atas, cobalah Anda menuju menu Setting, kemudian ke Backup dan Reset. Pada menu itu ada pilihan Back up my data. Google menerangkan, yang kemudian dilakukan fitur itu adalah “Back up data aplikasi, password WiFi, dan juga menu setting lainnya ke dalam server Google”. Dan bagi Anda  pemakai Android 2.3.4, Anda  dapat melihatnya pada menu Setting, di bagian Privacy.

Berdasarkan data dari IDC, sampai tahun 2013, pemakaian handphone android sebesar 748 juta buah. Itu diluar tablet. Sehingga bisa Anda bayangkan seberapa besar data yang disimpan oleh Google di dalam server miliknya. Dan skala penggunaan data Wi-Fi umum pada server Google terus meningkat dan mendunia.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *