Para Ilmuwan Saat Ini Sedang Berburu Planet Asing yang Layak Huni

By on November 8, 2013
5. Para Ilmuwan Saat Ini Sedang Berburu Planet Asing yang Layak Huni1

Para ilmuwan memperkirakan bahwa galaksi Bima Sakti, dimana bumi kita berada, memiliki miliaran planet yang layak huni seperti Bumi. Hal ini mendorong mereka untuk mencari planet asing yang layak huni di antara banyaknya planet yang ada di galaksi Bima Sakti. Berkaitan dengan hal ini, astronom dari University of Hawaii dan University of California Berkeley meneliti data yang didapat dari teleskop luar angkasa, NASA Kepler. Seperti dilansir Gizmag, Rabu, 6 November 2013, muncul satu pertanyaan yang selanjutnya menjadi fokus penelitian yaitu dari 200 miliar bintang yang ada di galaksi Bima Sakti, ada berapa banyak planet yang memiliki potensi layak huni.

Peneliti telah mengatakan bahwa salah satu dari kurang lebih lima bintang yang memiliki kemiripan dengan matahari kemungkinan mempunyai planet seukuran Bumi kita yang dapat mendukung terjadinya kehidupan. Seperti diketahui, telah ada isu yang menyebutkan bahwa terdapat planet yang mirip dengan bumi kita dan mengorbit bintang yang menjadi bagian dari galaksi Bima Sakti. Data yang digunakan dalam penelitian berkaitan dengan pencarian planet asing yang layak huni tersebut sendiri diambil dari data yang didapatkan menggunakan teleskop yang paling diandalkan oleh pihak NASA, yaitu teleskop Kepler. Namun begitu, ada satu berita yang sedikit kurang mengenakkan dimana kerusakan telah terjadi pada teleskop andalah NASA tersebut tahun ini.

Pada tahun ini, teleskop yang paling diandalkan oleh NASA, Kepler, mengalami kegagalan mekanik dan ini merupakan sesuatu yang patut disayangkan. Pasalnya, Kepler telah memberikan banyak kontribusi dalam penelitian di bidang astronomi berkaitan dengan penemuan planet ekstrasurya. Namun begitu, meski masa berburu teleskop tersebut sudah berhenti, tidak ada yang bisa menutupi bahwa teleskop yang diandalkan oleh NASA tersebut telah berhasil menemukan kurang lebih tiga ribu kandidat planet. Berbagai data telah dikirim ke bumi dan data tersebut membuat para ilmuwan sibuk untuk mempelajari planet apa yang memiliki potensi layak huni selain planet Bumi yang saat ini kita tinggali.

Teleskop Kepler melihat planet ekstra surya atau planet asing dengan cara mengamati cahaya dari bintang pada konstelasi Cygnus dan Lyra. Para peneliti dapat menentukan ukuran dari planet yang diamati tersebut dengan cara melihat jarak dan ukuran dari bintang yang diorbitnya. Tim peneliti telah melakukan analisis statistik berdasarkan pengamatan Kepler dan selain itu, para ilmuwan juga turut dibantu dengan observasi yang dilakukan menggunakan teleskop Keck yang terdapat di Hawaii. Menurut hasil studi yang didapat, para ilmuwan menghitung bahwa saat ini ada sekitar 22 persen dari bintang yang mirip dengan matahari yang memiliki planet yang mempunyai kemiripan dengan bumi atau dengan kata lain, planet asing yang layak huni.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *