Panasonic dan Sony Kerjasama Kembangkan Bluray 3.3 Terabyte

By on April 21, 2016
2.Panasonic dan Sony Kerjasama Kembangkan Bluray 3.3 Terabyte.1

Panasonic dan Sony sampai saat ini masih terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan media cakram optis mereka. Menurut informasi terbaru yang beredar, kerjasama dari duo perusahaan asal negeri Sakura ini membuahkan hasil berupa generasi kedua Optical Disc Active System yang memiliki kapasitas ekstra besar.

Bagaimana tidak, kapasitas yang ditawarkan oleh Optical Disc Active System itu sendiri mencapai 3.3 TB (Terabyte) per keping. Menurut informasi yang dilansir dari laman PC World hari Rabu (20/4) media penyimpanan dengan basis teknologi Blu-ray itu sengaja dirancang untuk pihak – pihak perusahaan seperti studio televise dan film yang biasanya memerlukan ruang penyimpanan data berukuran besar sebagai arsip mereka.

Kapasitas penyimpanan sebesar 3.3 TB atau 3.300 Gigabyte sendiri tergolong luar biasa besar jika dibanding dengan media – media cakram optis yang sudah ada sebelumnya. Awal mula eksistensi cakram optis yang dimanfaatkan untuk penyimpanan data digital ditandai lewat kehadirannya di awal era 90an.

Pada saat itu kapasitas yang disediakan hanya sebesar 650 MB. Kemudian muncul keping DVD yang memiliki daya tampung hingga sebesar 4,7 GB. Setelah itu muncul Blu-Ray dan saat ini yang paling baru adalah Optical Disc Archive System.

Tidak sama dengan media berbasis memori flash atau harddisk magnetic, cakram optis ini tidak didesain untuk ditulisi dan dibaca secara regular. Oleh sebab itu scenario pemakaiannya juga tergolong terbatas.

Panasonic dan Sony

Walaupun demikian, cakram optis sampai saat ini juga masih banyak digunakan. Pasalnya media penyimpanan tersebut relatif awet dan dapat bertahan lama. Bahkan pihak Sony mengklaim bahwa keping cakram yang dibuat oleh perusahaan mereka mempunyai shelf life hingga 100 tahun.

Sampai saat ini masih belum jelas apakah teknologi Optical Disc Active System atau cakram optis yang berkapasitas besar ini nantinya akan dibuat menjadi kepingan – kepingan Blu-ray atau tidak untuk konsumen. Sejauh ini, kapasitas penyimpanan pada keping Blu-ray reguler dianggap masih memadai untuk menyimpan video dengan resolusi tinggi yakni 4K.

Sejauh ini media cakram optis yang menawarkan kapasitas penyimpanan tertinggi dan sudah cukup banyak dijumpai di pasaran adalah Blu-Ray. Cakram optis tersebut menawarkan ruang penyimpanan berkapasitas 25 GB, 50 GB untuk varian dual layer dan ada juga varian BDXL yang memiliki daya tampung lebih besar hingga beberapa ratus GB.

Latar belakang kerjasama antara Panasonic dan Sony untuk menciptakan cakram optis dengan kapasitas penyimpanan besar hingga 3.3 TB ini disebabkan karena kapasitas penyimpanan yang ditawarkan oleh Blu-ray sendiri masih dianggap kurang, khususnya untuk keperluan industri musik dan TV karena mereka memerlukan arsip data yang berkapasitas besar.

Pihak Panasonic dan Sony sendiri sudah menjalin kerjasama selama beberapa tahun belakangan ini untuk mengembangkan standar baru media optis generasi modern. Pada tahun 2013 silam, kedua perusahaan ini berencana untuk meluncurkan penerus BluRay dengan kapasitas minimal 300 GB. Namun ternyata kini keduanya menggemparkan karena menawarkan kapasitas yang lebih besar..

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *