OS Android dari Google Punya Pesaing

By on December 12, 2013
3.OS Android dari Google Punya Pesaing1

Google memang tengah bersuka cita karena Android besutan mereka digunakan dalam berbagai perangkat. Bahkan, saat ini bisa dibilang jika Android merupakan platform sistem operasi mobile nomor satu di dunia. Tentu saja, Google tidak boleh merasa puas dan akhirnya tidak membuat pengembangan baru.

Pasalnya, sudah ada beberapa sistem operasi atau OS baru yang meramaikan dunia teknologi. Jika Google tidak waspada bisa jadi OS tersebut bakal merebut hati vendor dan akhirnya Android akan tersisih. Melihat ketenaran OS Android, OS-OS lain justru berani unjuk gigi untuk bersaing di pasaran. Mereka bahkan menyatakan siap bersaing dengan handset berbasis Android.

Diperkirakan, persaingan sengit tersebut akan berlangsung pada awal tahun baru 2014 mendatang. Pengembang sendiri memberikan sedikit bocoran bahwa OS mereka sedang dalam proses besutan. Proses pengembangannya sendiri sudah berlangsung sejak awal tahun lalu. Setidaknya, ada 4 OS baru yang akan menjadi pesaing berat OS bersimbol robot hijau tersebut.

OS pertama yang akan menjadi pesaing Android dari Google di tahun baru mendatang adalah Tizen. OS ini dibesut oleh Samsung dan seolah tidak peduli dengan kegagalan sebelumnya dengan OS Bada, Samsung tetap maju di peta persaingan. Bedanya, dalam membesut OS baru ini Samsung tidak sendirian melainkan dengan Intel. Bahkan, untuk memantapkan OS ini, Samsung berusaha menggaet 36 perusahaan.

Menurut informasi yang beredar, Tizen akan disematkan pada perangkat Samsung Z9005. Ada juga OS Firefox yang dibesut oleh Mozilla sejak awal 2012 lalu. Beberapa operator telekomunikasi terkemuka seperti Sprint, Smart, Deutsche Telekom, Telenor, Telecom Italia, dan Etisalat sudah mendukung langkah Mozilla ini.

Bahkan, hasilnya sudah dirilis sejak awal 2013 lalu. Menariknya, sambutan pasar sangat baik dan tidak mengecewakan khususnya bagi developer seperti Geeksphone. OS baru lain adalah OS bernama Sailfish yang sudah disematkan pada ponsel bernama Jolla. Uniknya, ponsel tersebut merupakan besutan mantan petinggi Nokia.

Ponsel ini juga sudah dipasarkan walaupun masih terbatas. Kelebihan dari OS ini adalah kemampuannya untuk menjalankan kebanyakan aplikasi Android terkemuka di dunia. Ubuntu juga mengikuti jejak rekan-rekannya. OS baru bertajuk Saucy Salamander ini sudah dirilis bulan November lalu khusus unutk para pengembang aplikas dan produsen smartphone saja.

Ponselnya sendiri masih akan hadir pada tahun 2014 nanti yang diperkirakan akan menyasar segmen menengah ke atas. OS dari Ubuntu ini awalnya masih menampilkan beberapa aplikasi standar seperti browser, clock, weather, dan kalkulator. Pihak Ubuntu berjanji bahwa saat ponsel mereka dilepas dipasaran maka Ubuntu Software Center juga akan dibuka secara bersamaan.

Sepertinya, dengan hadirnya 4 OS baru yang akan mencoba peruntungan bersama Android membuat persaingan akan semakin sengit. Tentunya, Anda harus menunggu langkah apa yang akan dilakukan oleh pihak Google sebagai pembesut Android untuk mempertahankan eksistensinya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *