Office Online Kini Hadir Di Chrome

By on April 17, 2014
8303-aaa70b31_680_400

Pada bulan Februari yang lalu, Microsoft telah meluncurkan ulang layanan aplikasi produktivitas berbasis web-nya dengan nama dan juga fitur yang baru yang bernama Office Online. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuat dokumen dan mengeditnya secara online, Microsoft sendiri telah membawa aplikasi tersebut ke tingkat yang lebih lanjut dengan membuat aplikasi khusus untuk para pengguna browser Google Chrome.

Walaupun memang Office Online ini bisa diakses dengan browser apa pun dengan hanya mengunjungi alamat resminya, yakni Office.com, tapi sepertinya para pengguna Chrome kini memiliki aplikasi Office Online khusus di browser-nya sendiri. Layanan Word Online, One Note Online dan PowerPoint Online bisa dijalankan langsung dari browser besutan Google tersebut dengan baik dan lancar.

Dalam rilis yang ditulis dalam blog resmi Microsoft Offices yang ditulis pada Senin kemarin, pihak Microsoft mengatakan bahwa mereka ingin memungkinkan para pengguna Google Chrome untuk membuat dokumen Office secara online dengan mudah di desktop kesayangan mereka. Tapi sayangnya, sampai berita ini diturunkan, pihak Microsoft belum juga menghadirkan Excel Online di browser Chrome. Padahal kita tahu bahwa Microsoft Exel merupakan aplikasi Offices yang paling banyak dicari dan digunakan setelah Microsoft Word.

Para pengguna Chrome juga bisa mengunduh aplikasi sekaligus memasangnya di browser kesayangan mereka dengan mengunjungi toko aplikasi Chrome Web Store. Anda cukup mengetikan kata kunci Word Online, One Note Online, PowerPoint Online di kolom search yang tersedia di pojok kiri atas situs tersebut.

Sampai saat ini, Aplikasi-aplikasi tersebut masih bisa digunakan secara gratis dan bisa diakses dengan login dengan menggunakan akun Microsoft yang anda punya. Semua dokumen-dokumen online yang dibuat akan langsung tersimpan secara otomatis dalam layanan penyimpanan cloud Microsoft, yakni OneDrive secara default.

Meskipun demikian, ternyata aplikasi Office di browser Chrome juga dikeluhkan banyak pengguna karena mereka harus login ke akun OneDrive tiap kali ingin membuat atau mengakses dokumen mereka. Selain itu, ternyata para pengguna juga menyayangkan mengapa Microsoft tidak menyertakan fitur offline mode seperti yang dilakukan Google dengan Google Docs-nya sehingga proses pembuatan dan pengeditan document bisa lebih mudah tanpa harus selalu terkoneksi ke Internet.

Fitur-fitur baru Office Online

Bukan hanya merilis layanan Office-nya di browser Chrome saja, Microsoft pada Senin kemarin juga pihak Microsoft memperkenalkan fitur-fitur baru di Office Online tersebut, yakni peningkatan dukungan terhadap file yang mengandung aplikasi Visual Basic, dan lainnya sehingga file tersebut kini bisa dibuka dan di edit langsung dengan hanya Office Online tersebut.

Selain itu, mode editing juga sekarang ini telah dilengkapi dengan kemampuan untuk menambah komentar dan tinjauan. Fitur ini sangat berguna jika satu dokumen yang tersimpan dikerjakan secara bersama-sama atau secara kelompok.

0218518Word-Online780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *