Oculus Rift Dipakai Militer Sebagai Pengendali Tank

By on May 8, 2014
OculusRift

Kacamata virtual reality atau yang kita kenal dengan VR Oculus Rift ternyata tidak hanya bisa dipakai untuk bermain game saja seperti yang kita kenal selama ini, tapi kacamata ini juga mampu membantu para tentara dalam menyetir tank dan menjalankan aktifitas didalam kendaraan tempur tersebut, walaupun saat ini fungsi keseluruhan fitur VR Oculus Rift ini masih sedang diuji coba oleh angkatan bersenjata Norwegia.

Seperti yang dilaporkan oleh Engadget, selama ini kendaraan lapis baja seperti tank biasanya relatif tertutup tanpa jendela dan hanya menyisakan satu lubang untuk pintu masuk pengendalinya. Kondisi ini akhirnya akan melindungi para awak di dalamnya tapi juga akan menyulitkan mereka dalam melihat keadaan di sekeliling dan ini yang akan menyulitkan mereka untuk melihat lokasi di sekeliling.

Nah, dengan cara memasang kamera di sekeliling tank dan menyambungkan kamera tersebut ke Oculus Rift, maka para awak ini bisa memanfaatkan headgear tersebut untuk melihat ke segala arah dari dalam kendaraan lapis baja ini tanpa perlu mengambil risiko tertembak dengan melongok ke luar seperti yang selama ini sering para tentara lakukan.

Seperti aplikasinya di dalam game, para pengguna headgear ini tinggal menengok-nengokkan kepalanya ke arah yang mereka tuju. Dengan cara ini, pemandangan 360 derajat pun akan tersaji di depan mata seolah-olah si orang bersangkutan sedang berada di luar tank. Tapi sayangnya sistem ini bukannya tanpa kekurangan. Ternyata Headgear Oculus Rift ini bisa membuat pusing kalau dipakai terlalu lama.

Sebagai solusinya, untuk saat ini perangkat canggih tersebut hanya akan digunakan oleh para tentara pada saat-saat tertentu saja, contohnya saja ketika pertempuran sedang berlangsung atau dalam kondisi darurat saja. Itu pun dalam jarak pemakaian yang tidak terlalu lama.

Selain itu, ternyata ada juga masalah yang terkait unit kamera di luar. Kamera tersebut bisa saja mengalami kerusakan dan akan membuat headgear kehilangan pandangan sehingga pandangan tidak akan maksimal. Walaupun demikian, personil militer Norwegia ini masih memutuskan untuk terus menjalankan uji coba pemakaian Oculus Rift untuk awak kendaraan lapis baja mereka.

Dalam ujicoba ini, uang senilai 2000 dollar AS yang diperlukan untuk aplikasi Oculus Rift dinilai jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem kamera militer yang selama ini bisa dihargai sampai 50 kali lipat lebih mahal dari perangkat Headgear Oculus Rift.

Pihak angkatan bersenjata Norwegia juga mengatakan bahwa produsen Headgear Oculus Rift, yakni Oculus ini memiliki dukungan finansial yang sangat kuat semenjak dibeli oleh Facebook senilai 2 miliar dollar AS beberapa waktu yang lalu, sehingga sangat memungkinkan headgear tersebut dapat digunakan untuk keperluan militer dan pertahanan negara.

1202545norway-soldier-wearing-oculus-rift780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *