Nokia dan Sumbangan Besarnya Pada Teknologi

By on April 26, 2014
nokia

Nama Nokia sudah pasti tidak asing lagi di kalangan para pengguna ponsel di Dunia ini. Perusahaan asal Finlandia tersebut merupakan salah satu pelopor telepon seluler yang telah berhasil mempopulerkan perangkat tersebut hingga ke seluruh penjuru dunia, dan bahkan telah sampai ke Indonesia dan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia Modern.

Pihak Microsoft yang baru membeli Nokia, sekarang ini turut memboyong sejarah panjang perusahaan tersebut juga kedalam perusahaannya, Nokia yang bermula pada 1865 sebagai pabrik kertas dan sempat mendominasi pasaran ponsel selama 14 tahun ini akhirnya harus rela tumbang di era smartphone yang dimulai ketika Blackberry dan iPhone merajai ponsel pintar dunia.

Selama berkiprah di bisnis mobile, Nokia telah banyak menginspirasi dan mampu memberikan kontribusi dalam mengubah arah tren ponsel dunia. Berikut ini merupakan beberapa sumbangan Nokia untuk dunia ponsel sebagaimana dirangkum dalma laman Cnet.

Nokia 1011.

Pada 10 November 1992, Nokia 1011 pertama kali diperkenalkan ke dunia. Ponsel ini terlihat lebih mirip telepon rumah ketimbang perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana. Tapi yang berbeda, Nokia 1011 ini merupakan ponsel GSM pertama yang diproduksi secara massal, hal inilah yang membantu penyebaran teknologi seluler itu menjadi yang paling banyak dipakai di dunia dan tentu saja paling menarik perhatian publik dunia saat itu.

Ponsel murah meriah.

Ungkapan Handphone sejuta umat merupakan label yang kerap digunakan untuk menyebut model-model seperti Nokia 3210 dan 5110 yang sangat populer di awal abad ke-21 silam, hal tersebut karena di kalangan pengguna muda, ponsel ini terkenal karena relatif terjangkau dan tentu saja memiliki cover warna-warni yang bisa diganti sesuai selera. Model-model ini juga telah berhasil membantu perluasan pasar Nokia dan mampu meningkatkan awareness terhadap merek tersebut. Maka sejak saat ini, nama Nokia pun identik dengan ponsel dan produk kertas Nokia seperti lenyap tertelan jaman.

Desain unik dan menarik

Tidak seperti sekarang,  dulu ponsel Nokia ini memiliki bentuk yang beraneka ragam dan sangat unik. Perusahaan ini bahkan tidak pernah takut menjalankan pola pikir out of the box dan mampu menelurkan sejumlah rancangan ikonik di dunia ponsel. Mislanya saja Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung unik dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada tahun 1998 silam.

Tidak Cuma itu, ponsel ini juga menjadi bintang di film pertama trilogi The Matrix yang dirilis pada tahun yang sama pula. Dan setelah itu, Nokia terus berinovasi. Berbagai rancangannya termasuk ponsel berbentuk persegi dengan keyboard QWERTY, dan bahkan yang mirip lipstick seperti Nokia 7280 dan 7380. Selain itu masih banyak lagi produk-produk lainnya yang sempat melegenda.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *