Nokia Akuisi Perusahaan Gawai Kesehatan Senilai Rp 2.5 Triliun

By on April 28, 2016
1.Nokia Akuisi Perusahaan Gawai Kesehatan Senilai Rp 2.5 Triliun.2

Baru – baru ini perusahaan teknologi Nokia telah mengumumkan pembelian terbaru mereka. Nokia telah membeli sebuah perusahaan Prancis yang bekerja di bidang perangkat gawai kesehatan bernama Withings, Pembelian Withings yang dilakukan oleh Nokia ini dilakukan dalam rangka untuk membuat perusahaan gawai kesehatan asal Prancis itu sebagai salah satu bagian dari divisi Nokia Technologies.

Seperti yang telah diketahui, Nokia Technologies sendiri merupakan divisi dari Nokia yang telah memproduksi perangkat N1 Tablet dan juga kamera Ozo. Akuisi perusahaan tersebut dilakukan oleh Nokia agar mereka dapat memimpin inovasi dalam dunia kesehatan digital. Pasalnya saat ini belum banyak perusahaan teknologi yang fokus pada dunia kesehatan digital.

“Pembelian ini dilakukan dalam rangka untuk memimpin gelombang selanjutnya dan inovasi di bidang kesehatan digital,” tutur Ramzi Haidamus selaku President of Nokia Technologies melalui pernyataan resminya seperti dilansir dari laman Engadget hari Selasa kemarin (26 April 2016).

Cedric Hutching selaku CEO dari perusahaan Withings juga menyampaikan pernyataan yang hampir sama. “Kami merasa sangat antusias untuk bergabung bersama Nokia dan ingin membawa visi kami untuk menghubungkan perangkat kesehatan untuk lebih banyak orang di seluruh dunia,” tutur CEO perusahaan gawai kesehatan tersebut.

Perusahaan Gawai Kesehatan

Pembelian perusahaan Withings oleh Nokia ini dilakukan dengan menggelontorkan dana sebesar 191 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 2,5 triliun secara tunai. Kabarnya semua transaksi pembelian perusahaan gawai kesehatan tersebut akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2016 ini.

Pembelian Withings dipercaya tidak mengejutkan Nokia. Pasalnya sejak beberapa waktu terakhir ini, Nokia memang mengatakan bahwa mereka ingin membuka cabang baru untuk produk gawai dan alat kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kehidupan sehari – hari.

Withings sendiri sebelumnya telah memproduksi sensor tempat tidur, jam tangan pemantau kebugaran, dan juga kamera untuk monitoring rumah. Presiden Nokia Technologies itu juga mengatakan bahwa visi mereka dengan Withings untuk produk sektor kesehatan digital masa depan bersifat pintar, didesain dengan baik serta membantu kehidupan masyarakat agar lebih sehat.

Tidak hanya itu saja, akuisi ini juga dipercaya dapat ikut meningkatkan keuntungan Withings sebagai sebuah perusahaan yang membuat perangkat teknologi wearable. CEO Nokia Rajeev Suri sebelumnya dalam ajang pameran dagang MWC (Mobile World Congress) 2016 di Barcelona, Spanyol sempat mengatakan bahwa dia maju dengan rencana menjual perangkat ponsel pintar alias smartphone.

Hanya saja ia masih belum mengetahui kapan rencana tersebut dapat terealisasi. “Kami tidak terburu – buru dan tidak perlu juga untuk buru – buru,” tutur Suri seperti yang dilansir dari laman Cnet. “Itu dapat terjadi di tahun 2016. Itu mungkin saja terjadi nanti.”

Jadi bisa dikatakan bahwa ponsel pintar dengan merek Nokia mungkin saja hadir kembali tetapi masih belum ada kapan waktu pastinya. Saat ditanya apakah Nokia hendak menjalin kerjasama dengan Foxconn untuk melisensi merek smartphone, Suri mengatakan tidak tahu.

Perusahaan Gawai Kesehatan

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *