Nokia Akan Tutup OS Symbian Selamanya Pada Awal Tahun 2014

By on January 4, 2014
2. Nokia Akan Tutup OS Symbian Selamanya Pada Awal Tahun 2014

Seiring dengan bergantinya tahun menjadi 2014, menandai juga berakhirnya dukungan pada dua sistem operasi yang dahulunya pernah menjadi andalan dari Nokia pada dunia ponsel pintar, yaitu Symbian dan MeeGo.

Sebagaimana yang sudah dilansir dari ZDNet, di hari pertama tahun 2014 kemarin, toko aplikasi Symbian dan MeeGo ini resmi dibekukan dalam langkah awalnya untuk penutupan kedua OS tersebut menyusul dari alih kepemilikan di tangan Microsoft, pemilik baru dari divisi perangkat Nokia.

Symbian Signed Team yang selama ini telah mendukung pengembangan aplikasi platform tersebut menuliskan sebuah pesan perpisahannya melalui akun Twitter miliknya. “Sampai di sini, kami resmi tutup. Terima kasih atas tahun-tahun yang telah lalu”, bunyi dari pesan tersebut.

Sebelumnya, dari beberapa minggu setelah mengumumkan dari rencana pembeliannya oleh Microsoft, pihak Nokia ini memberikan waktu selama tiga bulan bagi para komunitas pengembang aplikasi bernama Symbian ini untuk bisa menyalurkan update yang paling akhir bagi judul-judul aplikasi yang telah disalurkan melalui toko online Nokia yaitu Nokia Store.

Aplikasi-aplikasi itu masih terus saja bisa didistribusikan, namun segala macam seperti bug ataupun kesalahan program, misalnya saja yang ada kaitannya dengan masalah kompabilitas perangkat ini tidak akan bisa diperbaiki lagi lebih lanjut melalui akses Nokia Store.

symbian, nokia, os, smartphone, windows phone

Sumber-sumber yang lain diluar dari Nokia Store ini bisa dipakai untuk memperbaharui aplikasi mereka. Tetapi, tanpa adanya keberadaan dari toko aplikasi ini, penggunanya tidak akan bisa mendapatkan notifikasi update dengan otomatis.

Nokia kemudian menyatakan akan berhenti dalam memproduksi ponsel atau perangkatnya yang mempunyai basis Symbian di pertengahan tahun 2013 lalu. Sistem operasi terbuka ini dari Symbian Ltd, yang dahulu sempat atau pernah berjaya melalui ponsel-ponsel hebat andalan Nokia ini, terakhir digunakan dan dipakai pada produk dari Nokia 808 PureView yang dirilis ke publik pada tahun 2012 lalu.

Akan halnya dengan MeeGo, sistem operasi yang berbasis Linux ini saat ini sudah bertransformasi menjadi Sailfish OS yang pengembangnya adalah Jolla, yaitu sebuah perusahaan startup dari Finlandia.

Jolla ini mengambil alih dari pengembangan Mer selaku penerus dari MeeGo, setelah Linux Foundation yang meninggalkan sistem operasi itu di tahun 2011 yang beralih ke Tizen.

Salah satu masalah yang paling utama menyangkut masalah platform ini yaitu pengembangan yang rumit dan lama. Menurut juru bicara dari Nokia mengatakan kepada Financial Times, diperlukan waktu selama hampir dua tahun untuk bisa mengembangkan teknologi sebuah perangkat Symbian ini, sementara Windows Phone hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun.

Nokia saat ini mengandalkan Windows Phone 8 sebagai OS Lumia milik Nokia yang digunakan dalam persaingan melawan Android dan Apple. Sedangkan OS Series 40 masih digunakan untuk jajaran ponsel Asha-nya. Symbian dan MeeGo sudah tidak akan digunakan lagi pada jajaran ponsel Nokia di tahun 2014 dan seterusnya.

symbian, nokia, os, smartphone, windows phone

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *