Nasib Fotografer Wallpaper Windows XP Saat Ini

By on April 1, 2014
2.Nasib Fotografer Wallpaper Windows XP Saat Ini2

Anda semua pasti tahu wallpaper Sistem Operasi Microsoft Windows XP yang ada di depan layar komputer Anda. Ya, wallpaper tersebut merupakan foto pemandangan berupa bukit hijau, langit biru, dan awan putih.

Tapi, pernahkah Anda bertanya siapa fotografer wallpaper Windows XP tersebut? Sebagai informasi, gambar yang nampak di layar monitor Anda tersebut juga disebut dengan Bliss. Rupanya, foto tersebut diambil tahun 1996 di Amerika Serikat.

Adalah Charles O’Rear, yang merupakan fotografer wallpaper Windows XP tersebut. Ia mengambil foto tersebut saat mengendarai mobilnya di wilayah Napa ke Sonoma di California, Amerika Serikat. Saat itu, O’Rear tertarik dengan pemandangan tersebut. Untungnya, ia juga membawa kamera medium-format Mamiya RZ67 kesayangannya.

Uniknya, ia tidak melakukan editing apa-apa pada foto tersebut, semua diambil apa adanya. Namun, foto sederhana tersebut kini menjadi foto yang legendaris dan terpampang sebagai wallpaper Windows XP di seluruh dunia. Sayangnya, ada cerita tidak mengenakan terkait dengan gambar yang ada dalam Windows XP tersebut.

aplikasi komputer, fotografer, wallpaper, windows xp, komputer

Perlu Anda ketahui bahwa Microsoft saat ini sudah menghentikan dukungan sistem operasinya terhadap Windows XP. Lalu, bagaimana dengan foto milik O’Rear tersebut? Rupanya, pria ini mengaku sangat kecewa dengan Microsoft. Pasalnya, 13 tahun yang lalu foto tersebut dibeli putus atau sekali bayar oleh pihak Microsoft.

Jika dilihat dari popularitas Windows XP saat ini, O’Rear memang patut menyesal. Ahli teknologi memperkirakan bahwa wallpaper Windows XP tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 1 miliar kali. Bayangkan saja, Windows XP sudah terjual sekitar 1 miliar kopi dan jika Microsoft membayar pria ini 1% saja dari hasil tersebut maka gaji O’Rear sudah sebesar 10 juta dollar AS.

Anda juga perlu tahu bahwa pria yang kini berusia 73 tahun tersebut bukanlah fotografer pemula. Selain berhasil mencatatkan diri sebagai fotografer wallpaper Windows XP, O’Rear yang telah menjadi fotografer selama 36 tahun ini juga berhasil memasuki media-media terkenal. Contoh foto-fotonya dapat dilihat di Los Angeles Times dan National Geographic.

Karirnya tidak berhenti sampai di situ saja, hingga saat ini, O’Rear juga masih terlibat dalam proyek dokumentasi berskala besar. Jika pria ini mendapatkan royaltinya dari pihak Microsoft, maka hidupnya akan semakin baik.

Setidaknya, ia tidak perlu memikirkan uang di hari tuanya karena royalti yang di dapat dari wallpaper tersebut. Sayangnya, hal ini tidak akan terwujud dalam waktu dekat karena memang tidak ada perjanjian yang jelas dari kedua belah pihak.

Saat itu, O’Rear hanya diberi ucapan terima kasih dan selamat karena fotonya akan dipajang sebagai wallpaper Windows XP dengan bayaran fotografer reguler. Bagaimanapun kisahnya tapi faktanya foto tersebut sudah menyebar dan menjadi salah satu ciri khas yang melekat pada Windows XP.

aplikasi komputer, fotografer, wallpaper, windows xp, komputer

BACA JUGA:

Fusajiro Yamauchi – Tokoh Dibalik Game Nintendo

Enam Bidadari Di Bidang Informasi Teknologi Dunia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *