Nama gTLD Baru Untuk Anda Siap Dipesan

By on October 27, 2013
1. Nama gTLD Baru Untuk Anda Siap Dipesan 1

Jika Anda sedang mencari nama domain yang cocok untuk usaha Anda atau Anda ingin membuat suatu web untuk kebutuhan-kebutuhan lain dengan nama yang catchy atau mudah diingat, tunggu sebentar lagi, karena akan ada 1.400 Generic  nama gTLD baru atau Top level Domain baru untuk Anda yang siap dipergunakan.  Jika selama ini Anda “terpaksa” menggunakan akhiran .com, .net, .org maka sebentar lagi mungkin Anda akan dapat mempergunakan akhiran yang lain seperti .shop, .store, .inc dan lain lain sehingga nama domain-domain baru untuk Anda akan lebih mencerminkan usaha atau bidang yang Anda geluti.

Semisal Anda mempunyai usaha sebuah toko online bernama “kenanga” maka kemungkinan besar Anda dapat membuat domain dengan nama Kenanga.shop. Bukankah nama tersebut lebih mudah diingat dan lebih muda dieja? Tentu saja, menurut banyak praktisi pemasaran, sebuah nama produk, brand, atau nama toko dapat mendongkrak penjualan dan jika nama-nama domain baru tersedia maka Anda akan mendapatkan keuntungan darinya.

Kemungkinan munculnya extensi-extensi domain baru ini ditegaskan oleh Presiden ICANN, Fadi Chehade di konferensi Internet Governance Forum di Bali. ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers telah menggodok kemungkinan melahirkan sekitar 1.400 nama gTLD baru tahun depan demi menghadapi perkembangan internet yang berkembang sangat cepat. Kini extensi .com, .net, .org dan 22 gTLD yang lain sudah semakin jenuh dan tidak banyak lagi menyediakan nama-nama yang dapat mewakili keinginan pengguna internet.

Rencana pengeluaran nama gTLD yang baru ini menurut CEO ICANN adalah hasil riset mereka selama 8 tahun dan juga dorongan dari banyak pihak yang mengajukan dan mendaftarkan nama-nama gTLD baru untuk keperluan bisnis. Sebagai contoh, Amazon.com mengajukan aplikasi berextensi .buy, .book, .news, dan banyak lagi. Namun saat ini menurut Chehade, aplikasi mereka belum dikabulkan karena masih ada beberapa hal yang masih harus dipertimbangkan lebih lanjut.

Rencananya ICANN juga akan merilis nama-nama gTLD dengan huruf bukan latin. gTLD tersebut akan dirilis dalam huruf Arab, China, dan Rusia dan merupakan rilisan awal untuk uji coba gTDL baru nanti. Sampai saat ini ICANN melaporkan bahwa telah ada sekitar 2000 aplikasi nama gTLD baru yang minta disahkan sesegera mungkin dan gTDL yang mereka minta antara lain adalah .Taxi, .Store, .News, .movie, dan banyak lagi.

Nama-nama registry gTDL baru ini akan membawa banyak keuntungan, terutama bagi perusahaan yang mengelola nama-nama domain tertentu. Sebagai contoh adalah perusahaan Verisign yang menjadi registry untuk extensi .com dan .net. jutaan milyar dolar mengalir ke kantong mereka setiap tahun. Mari kita tunggu kabar baik dari ICANN yang akan membuat perkembangan internet semakin luar biasa.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *