Mobil Tanpa Sopir Diuji Coba oleh Google

By on May 17, 2014
2. Mobil Tanpa Sopir Diuji coba Oleh Google 2

Siapa yang tidak kenal dengan Google, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi. Produk yang paling terkenal dari Google mungkin adalah mesin pencari Google dan juga android. Namun ternyata Google tidak berhenti pada kedua hal besar tersebut. Perusahaan kembali membuat hal besar yaitu menciptakan teknologi yang memungkinkan mobil untuk bergerak tanpa adanya sopir. Teknologi ini telah diuji coba oleh Google  beberapa saat yang lalu.

Mobil tanpa sopir ini diuji oleh Google dengan harapan bahwa teknologi ini bisa disempurnakan dan akan membantu masyarakat, terutama pengemudi dan pengguna jalan lain agar merasa lebih nyaman dan aman saat di jalan raya. Google mencoba teknologi mobil ini di sekitar Mountain View California dan mengundang beberapa wartawan untuk meliput jalanya uji coba tersebut. Google rupanya ingin agar uji coba ini sekaligus juga merupakan moment untuk memamerkan karya canggih mereka ke dunia.

Pada uji coba  yang dilakukan kemarin, mobil mampu berjalan secara otomatis dan mampu menavigasi dirinya sendiri di jalan raya yang pada saat ujicoba juga digunakan oleh pengendara lain dan pejalan kaki. Google telah membekali juga mobil ini dengan teknologi canggih yang memungkinkan mobil untuk mematuhi rambu-rambu lalulintas yang ada. Saat mendekati lampu lalu lintas atau mobil  mendeteksi adanya rambu-rambu lain maka mobil akan segera berhenti atau mematuhi rambu tersebut.

Bahkan teknologi yang dipasang oleh Google pada mobil ini mampu mendeteksi adanya rambu yang dipasang pada sudut aneh, seperti serong dari pandangan pengemudi.  Dengan demikian pengemudi tidak perlu lagi khawatir akan melanggar rambu-rambu lalu lintas. Google dengan uji coba yang juga dihadiri para wartawan ini mengkampanyekan bahwa mobil tanpa supir bukanlah hal yang perlu ditakuti namun justru perlu disambut dengan sukacita karena cita-cita Google dengan proyek ini adalah mengurangi angka kematian di jalan raya.

Fitur otomatis mobil tanpa sopir ini mampu mendeteksi dan menjaga jarak dengan mobil di depanya dan berjalan dengan kecepatan normal. Fitur utama dalam mobil ini adalah sensor yang berputar 360 derajat sebanyak 10 kali dalam sedetik  yang berguna untuk mengumpulkan pandangan dan data lingkungan disekitar mobil. Dengan sensor tersebut maka mobil tanpa sopir ini tidak akan membutuhkan sopir kecuali saat parkir atau saat baru mulai dijalankan.

Dengan pemasangan teknologi mobil tanpa sopir ini maka tidak akan ada istilah mengantuk dan sistem otomatis mobil bisa bereaksi lebih cepat dari manusia saat ada situasi yang tak terduga. Menurut pengalaman salah satu wartawan yang naik mobil tersebut, mobil masih terasa agak tajam dalam berpindah lajur daripada mobil dengan sopir pada umumnya, namun ini baru tahap uji coba can Google akan merilis mobil tanpa supir ini pada tahun 2017 mendatang.

mobil tanpa sopir, teknologi baru, google, car, sopir

BACA JUGA:

Inilah Pertimbangan Penting Memilih Smartphone

Jejak Kejayaan Samsung

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *