Mitos : Rutin Terima Pembaharuan, PC Gak Butuh Antivirus?

By on December 11, 2014
5. Cara Kembalikan File Tersembunyi pada Flashdisk karena Virus 1

Masih memabahas serangkaian mitos yang kerap dihembuskan pada PC dan laptop. Sebelumnya kita telah membahas tentang mitos mematikan PC atau laptop lewat tombol power langsung, sekarang kita akan membahas mitos yang menyebutkan kalau PC Desktop atau laptop selalu menerima update Windows, maka secara otomatis PC Desktop atau Laptop tersebut akan kebal dari serangan virus.

Benarkah demikian?

Memang diakui, teraturnya menerima mengupdate Windows akan membuat sistem terus terbaharui, termasuk menutup sejumlah celah yang terdapat dalam PC Desktop atau Laptop yang kita milik. Tapi ternyata itu saja tidak cukup, karena serangan malware dan virus masih mampu menembus PC Desktop atau Laptop yang selalu menerima update terbaru sistem operasi Windows, terutama serangan malware ganas seperti virus Trojan dan lainnya.

Tidak hanya itu, diluaran sana terdapat ribuan atau bahkan jutaan software jahat yang sengaja dirancang khusus oleh para hacker untuk mengambil alih sampai betugas untuk mencuri data penting yang ada dalam perangkat yang anda miliki. Untuk itu, ketika anda menganggap bahwa antivirus sudah tidak berguna dan memutuskan untuk mencopotnya, maka saat itu pula si hacker ini akan dengan leluasa menyerang dan mengekploitasi perangkat yang anda miliki.

Beberapa tahapan kerja yang akan dirancang si software jahat tersebut adalah, mereka akan membaca semua data yang ada dan tersimpan dalam hard disk kita. setelah itu, mereka akan memilih data mana saja yang dianggap penting. Dan celakanya, semua data rahasia tersebut bisa mereka kirimkan ke siapa saja dengan cara random, tentu saja yang menjadi prioritasnya adalah si hacker pencipta software tersebut.

Lebih lanjut, ternyata update Windows sendiri justru tidak akan mampu melindungi komputer dari serangan hacker. Bahkan update Windows sendiri tidak mampu menangkal kehadiran bug atau kerusakan sistem yang ada dalam aplikasi atau program yang sebelumnya sudah anda pasang, contohnya saja browser yang selama ini menjadi media penting penyebaran malware dan virus dari dunia online, sampai kemudian kelak akan memanfaatkan bug yang tersedia dalam PC Desktop atau Laptop untuk menyiksanya lebih dalam lagi.

Bagaimanakah solusinya?

Solusi terbaik yang bisa anda lakukan saat ini adalah, tetap update sistem operasi windows anda setiap kali Microsoft memberikan pembaharuannya, jangan menggunakan software bajakan, apalagi menggunakan crack atau patch untuk membuat software bajakan seolah tampak asli, hati-hati dalam mengunjungi sebuah wesbite, jangan sembarangan memasang software, walaupun itu software free.

Selain hal yang disebutkan diatas, hal yang wajib anda lakukan adalah, selalu gunakan antivirus terbaik yang diupdate dengan rutin, terutama untuk setiap jenis virus baru yang anda temukan.

 antivirusvi

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *