Mitos Keliru Tentang Mode Sleep Pada Laptop

By on December 9, 2014
Man Using Laptop

Sampai saat ini, beberapa dari kita sangat mempercayai kalau laptop hanya sebuah PC yang dikemas dalam bentuk portable. Selebihnya, tidak ada perbedaan antara laptop dengan PC desktop. Karena pendapat inilah, akhirnya banyak mitos yang beredar di sekitar kita, yang kalau tidak di luruskan, maka ini akan menjadi mitos teknologi yang dijadikan sebagai fakta.

Salah satu mitos yang sampai saat ini paling terkenal diantara mitos perbedaan antara laptop dengan PC Desktop adalah, fitur sleep akan membuat daya dalam laptop menjadi terkuras. Mereka sangat percaya ketika laptop dalam keadaan tidur atau dalam kondisi mode sleep, maka baterai laptop tersebut akan tetap tersedot dayanya untuk mengelola memori yang tersimpan didalamnya.

Kalau ini disandingkan dengan PC Desktop, tentu saja ini bisa dianggap benar. Walaupun dalam beberapa sistem PC modern, hal ini juga sedikit melenceng. Tapi kalau dinyatakan untuk laptop, tentu ini salah besar. Hal tersebut sudah dipastikan hanya mitos saja. bagaimanapun juga, selama papaun anda menggunakan fitur sleep dalam laptop, maka daya dalam patop tersebut tidak akan tersedot sedikitpun.

Kalau pada akhirnya laptop anda kemudian mati ketika dalam mode sleep, hal ini kemungkinan besar lebih kepada kondisi laptop yang beralih ke mode hibernate secara otomatis, atau sedang dalam masa hibernasi karena terlalu lama dibiarkan tertidur. Selain itu, ada juga kemungkinan yang menyatakan kalau laptop Anda pada dasarnya sudah hampir kehabisan baterai ketika anda akan menggunakan mode sleep.

Dalam kondisi ini, untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8, laptop ini kemudian secara otomatis akan mati sendiri. Tapi jangan khawatir, dalam kondisi ini, Windows 7 atau windows 8 akan lebih dulu menyimpan data Anda dalam hard disk, sehingga anda akan langsung menemukan sisa pekerjaan anda ketika laptop dihidupkan.

Selain itu, mitos lainnya menyebutkan kalau laptop terlalu sering menggunakan fitur sleep, maka laptop akan cepat rusak. Hal ini karena, kebiasaan menghidupkan dan mematikan laptop lewat fitur sleep ini akan membuat hardware laptop sepat rusak, terutama di bagian memori dan Hardisk.

Untuk latop jadul, anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tapi untuk laptop modern, anggapan ini salah. Saat ini, laptop modern sudah didesain sedemikian rupa supaya mampu mengatasi kondisi on/off sampai puluhan ribu kali. Selain itu, dalam penelitian lainnya membuktikan kalau dibutuhkan sekitar satu kali proses on/off setiap lima menit sekali untuk bisa merusak salah satu hardware penting dalam sebuah laptop.

Dengan kata lain, hardisk laptop akan rusak kalau anda menghidupkan dan mematikan laptop dengan menggunakan fitur sleep dalam jarak, 1 kali on/off per 5 Menit. Gimana, mau mencobanya?

5a Rawat Laptop Agar Panjang Umur

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *