Minecraft Hadir Di Hour of Code Tahun Ini

By on November 19, 2015
2. Minecraft Hadir Di Hour of Code Tahun Ini 1

Code.org merupakan salah satu lembaga nirlaba yang terkenal dengan event mereka yaitu Hour of Code. Event ini merupakan event dimana banyak orang dapat belajar mengenai komputer dan teknologi. Lembaga ini sudah mengadakan event ini sejak tahun 2013 atau pada saat lembaga ini didirikan. Untuk tahun ini, Code.org akan bekerjasama dengan Microsoft untuk menyelenggarakan event ini.

Yang menarik dari Hour of Code pada tahun ini adalah peserta akan mendapatkan pelajaran mengenai dasar-dasar pemrograman dengan Minecraft. Minecraft sendiri sudah dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014 dengan nilai US$ 2,5 miliar.

Pada event yang berlangsung selama satu jam ini, peserta yang terdiri dari anak-anak akan diajarkan menggunakan blok-blok dalam Minecraft untuk membuat satu perintah pemrograman. Peserta menyusun tiap blok hingga membentuk perintah dan karakter Minecraft mereka akan melakukan perintah tersebut. Saat ini, sudah tersedia tutorial dengan 14 tingkatan yang dapat digunakan secara gratis.

Menurut Hadi Partovi, pendiri Code.org, cara unik dengan menggunakan blok-blok Minecraft ini merupakan metode paling dasar untuk belajar pemrograman. Tetapi, Partovi mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan lembaga ini dan Microsoft bukan hanya memberikan pelajaran pemrograman. Dengan menggunakan Minecraft sebagai platform belajar, mereka ingin agar peserta memandang pemrograman sebagai sesuatu yang menyenangkan. Dengan adanya perasaan ini, maka peserta akan tertarik untuk belajar lebih banyak.

Pada acara Hour of Code ini, event gratis yang dapat diikuti oleh semua peserta dari seluruh dunia adalah Computer Science Education Week. Anak-anak dapat mengikuti satu jam pelajaran mengenai coding dan pemrograman yang mereka inginkan.

Event Hour of Code sendiri sudah diikuti oleh 100 juta peserta selama 2 tahun penyelenggaraannya. Untuk tahun ini, event dengan menu utama pemrograman dengan Minecraft ini akan diadakan mulai tanggal 7 Desember. Selain menggunakan Minecraft, akan ada beberapa tema yang dapat ditemui, seperti Frozen dan Star Wars.

Partovi mengakui Minecraft merupakan salah satu platform yang sudah diinginkan oleh banyak peserta event ini sejak pertama kali diadakan. Bahkan pada event yang sama tahun lalu, dia mendapatkan banyak permintaan dan kartu terima kasih dari siswanya. Dan, lebih dari setengah dari kartu tersebut menyertakan referensi mengenai permainan ini.

Untuk mewujudkan permintaan para peserta ini, Code.org segera melakukan pembicaraan dengan pihak Microsoft setelah mereka berhasil mengakuisisi Minecraft. Microsoft sendiri adalah pihak yang tidak asing dengan Code.org. Perusahaan yang didirikan Bill Gates ini menjadi salah satu penyumbang terbesar lembaga nirlaba ini dengan sumbangan mencapai US$ 3 juta.

Partovi mengatakan banyak kartu terima kasih yang hanya menyertakan satu kata, yaitu Minecraft. Dengan adanya hal ini, maka dapat dikatakan dengan diadakan event pemrograman dengan Minecraft ini, maka peserta akan merasa sangat puas dan senang. Diharapkan hal ini juga dapat membuat lebih banyak peserta mengikuti event Hour of Code ini.

Hour of Code

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *