Microsoft Ganti SkyDrive Menjadi NewDrive

By on November 28, 2013
2.microsoft ganti skydrive jadi newdrive.2

Microsoft sedang tersandung sebuah kasus yang serius. Kasus ini membuat Microsoft dan petinggi-petingginya harus memutar otak agar bisa mempertahankan brand SkyDrive tetap di Microsoft. SkyDrive ini adalah nama layanan penyimpanan cloud milik Microsoft yang sudah dikenal dan dipakai banyak pelanggannya. Perusahaan besar ini sepertinya harus merelakan nama itu dan mengganti nama SkyDrive menjadi NewDrive.

Banyak orang tahu dan percaya bahwa membangun sebuah brand itu tidak mudah. Jika memang Microsoft tetap harus merubah brand SkyDrive menjadi NewDrive, maka ini adalah perkara yang tidak mudah. Microsoft bahkan mungkin harus memulainya dari nol. Mereka harus mengulang pembangunan image brand baru NewDrive.

Masalah perubahan brand SkyDrive menjadi NewDrive ini berhubungan dengan BSkyB. Perusahaan ini menuntut Microsoft atas pemakaian nama Sky pada SkyDrive. BSkyB mengajukan tuntutan tersebut karena unsur nama Sky ada dalam nama perusahaannya. Perusahaan yang berpusat di Inggris ini menuding salah satu perusahaan software terbesar ini sudah melanggar nama brand Sky.

Microsoft memang menamai salah satu layanan yang dimilikinya dengan Skydrive. Layanan ini adalah layanan cloud storage. Walaupun BSkyB sudah menuntut Microsoft untuk tidak memakai brand Sky lagi, perusahaan tersebut masih memperbolehkan Microsoft untuk menggunakannya selama waktu yang wajar.

Waktu yang wajar ini maksudkan agar transisi perubahan brand dari SkyDrive ke NewDrive bisa berjalan dengan lancar. Transisi perubahan nama ini jelas membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Microsoft pun sudah menyiapkan nama baru dari SkyDrive.

Seorang sumber dari Microsoft kemudian memberitahu bahwa brand SkyDrive akan diubah menjadi NewDrive. Hal ini kemudian diperkuat dengan informasi yang berasal dari internet yang mengatakan bahwa ada situs newdrive.com yang mengarahkan pengunjungnya menuju SkyDrive. Namun belakangan, situs ini tidak lagi bisa diakses.

Microsoft belum memberikan konfirmasi apapun perihal tuntutan dari BSkyB dan perubahan brand SkyDrive ke NewDrive. Bahkan ada sumber informasi lainnya yang mengatakan bahwa brand NewDrive ini hanya dijadikan semacam placeholder. NewDrive ini diperkirakan akan dipakai sementara oleh Microsoft sampai mereka menemukan nama yang cocok sebagai pengganti brand SkyDrive.

Microsoft memang piawai dengan rebranding semacam ini. Beberapa tahun yang lalu, Microsoft pernah melakukan hal yang sama seperti ini yaitu mengubah Hotmail menjadi Newmail yang kemudian berganti menjadi Outlook. Perubahan nama mulai dari Hotmail ke Newmail ini hanya sementara sampai Microsoft menemukan nama yang cocok dengan brandnya tersebut.

Hal ini terjadi juga pada SkyDrive. Brand SkyDrive yang mungkin akan berubah menjadi NewDrive, akan mendapatkan nama yang baru yang lebih menjual lagi. Perubahan nama ini tentu saja tidak merubah pelayanan yang diberikan oleh Microsoft yang berhubungan dengan soundcloud storage. Microsoft tidak akan kehilangan pelanggan setia walaupun mengganti beberapa nama brand miliknya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *