Microsoft Berencana Produksi Jam Tangan Pintar

By on May 9, 2014
2.Microsoft Merilis Update Untuk Memperbaiki Surface Pro 2 1

Menjamurnya produksi wearable gadget atau perangkat yang dipakai di badan ini telah menarik perhatian pihak Microsoft. Menurut kabar yang beredar, secara diam-diam Microsoft juga sudah mulai tergoda untuk membuat wearable gadget. Kabar ini telah terbukti benar dari paten yang baru saja didaftarkan oleh perusahaan yang bermarkas di Redmond Amerika Serikat itu pada minggu yang lalu.

Jika kita melihat gambar jam tangan pintar yang dipatenkan oleh pihak Microsoft ini, nampaknya pihak Microsoft juga tertarik untuk menanamkan aplikasi kebugaran dalma jam tangan tersebut, sebab paten tersebut juga ternyata memiliki aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan masalah kebugaran.

Pengajuan hak paten yang didaftarkan oleh pihak Microsoft tersebut pertama kali diketahui dan di rilis secara langsung oleh situs Patent Bolt. Dalam pengajuannya, pihak Microsoft menyebutkan bahwa  perangkatnya tersebut dengan nama Wearable Personal Information System.

Seperti di beritakan dalam laman Digital Trends, pada Selasa (06/05/2014), pihak Microsoft sendiri mengklaim bahwa teknologi wearable miliknya bisa mengatasi dua kendala yang saat ini dimiliki perangkat smartwatch lainnya, yakni bisa kotor akibat keringat dan tidak mampu memberikan feedback biometrik secara real-time ketika penggunanya berolahraga.

Pengajuan Paten Personal Information System yang didaftarkan Microsoft sendiri terlihat memiliki tiga fitur utama yang sangat berkaitan dengan masalah kesehatan dan kebugaran, yakni Fitur Running, Fitur Heart, dan Fitur Fire yang masing-masing akan sangat berguna untuk memantau aktivitas fisik para penggunanya ketika berlari (track GPS), mampu mengukur denyut jantung dan juga mengetahui jumlah kalori yang dibakar dalam aktifitas tersebut.

Jika kita melihat spesifikasi dan fitur dalam jam tangan besutan Microsoft ini, sepetinya tidak ada yang beda dari kebanyakan jam tangan lainnya yang mengedepankan fitur serupa, tapi justru menurut Microsoft, salah satu keunggulan dari wearable gadget buatannya ini adalah kemampuan perangkat ini dalm menyajikan informasi ketika pengguna sedang beraktivitas sehingga infomasi yang didapat oleh si pengguna akan lebih terperinci dan lebih akurat.

Seperti kita ketahui, untuk saat ini ketika kita akan mendapatkan data biometrik setelah berolahraga atau setelah melakukan aktivitas fisik lainnya, untuk itu juga para pengguna harus mengenakan sensor detak jantung eksternal yang digunakan sebagai aksesoris seperti chest straps dan lainnya.

Meskipun paten ini telah didaftarkan secara resmi, tapi sampai sekarang belum tentu juga Microsoft akan segera memproduksi perangkatnya tersebut. Tapi setidaknya dengan kehadiran Microsoft di pasar wearable gadget ini tentunya akan lebih membuat persaingan di lini jam tangan canggih ini akan menjadi lebih menarik lagi. Terlebih belakangan ini vendor lokal pun sudah mulai bergerak untuk mempertontonkan kebolehannya.

09045646a0168e68320b0970c01a73dbc589d970d-800wi780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *