Microsoft Akhirnya Selesaikan Proses Akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia

By on April 23, 2014
2.Microsoft Akhirnya Selesaikan Proses Akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia1

Bagi Anda yang sedang menunggu berita terbaru dari Microsoft, Anda patut berbahagia. Ini karena sebentar lagi Microsoft akan mengakuisisi Divisi Perangkat dan Layanan milik Nokia. Kabar ini bukan kabar burung belaka karena Microsoft sudah mengantongi tanggal pasti proses akhir akuisisi tersebut.

Proses akuisisi ini memang sempat tersendat karena berbagai hambatan khususnya hambatan regulator di negara-negara tertentu. Sebelum proses akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia, Microsoft harus mengatasi masalah regulator di India dan Tiongkok.

Belum lagi, ada beberapa hambatan transaksi yang harus diselesaikan untuk kelancaran proses tersebut. Sebagai informasi, proses akuisisi ini rupanya bernilai sangat fantastis yaitu mencapai US$717 miliar. Menurut Microsoft sendiri, proses akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia akan selesai pada hari Jumat, 25 April 2014.

Memang, pihaknya mengakui bahwa proses penyelesaian mundur dari waktu yang dijadwalkan. Perlu Anda ketahu bahwa Microsoft berencana untuk menyelesaikan segala proses akuisisi di kuartal pertama 2014.

Tentu saja, akuisisi ini akan berdampak terhadap pihak Nokia. Dalam hal ini, Nokia akan terpecah menjadi 2 divisi. 2 Divisi tersebut adalah divisi Microsoft Mobile Device Group dan Nokia Solutions and Network atau NSN. Divisi tersebut akan menekankan pada bisnis Nokia sendiri khususnya untuk bidang infrastruktur telekomunikasi.

microsoft, akuisisi microsoft, aplikasi komputer, akuisisi nokia, nokia

Sedangkan grup pemetaan Nokia Here akan berdiri sendiri dan terpisah dari grup Nokia yang lain. Dengan selesainya akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia, proses inovasi yang dilakukan oleh pihak Microsoft juga akan semakin cepat.

Proses akuisisi ini juga mempengaruhi adopsi pasar Windows Phone. Microsoft mengakuisisi Nokia bukan tanpa sebab. Menurut pihaknya, Microsoft ingin menggaet pasar lebih luas lagi khususnya pasar yang telah setia menggunakan Nokia. Hal ini dijelaskan oleh General Counsel & Executive Vice President dan Legal & Corporate Affairs Microsoft, Brad Smith.

Keterlambatan proses akuisisi ternyata juga karena adanya beberapa perubahan dalam kontrak perjanjian dari kontrak awal. Baik pihak Microsoft ataupun Nokia tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut karena memang kedua perusahaan memiliki skala dan kompleksitas yang besar.

Kontrak kesepakatan juga menyangkut berbagai hal termasuk proses manufaktur dan TI. Salah satu perubahan dalam kontrak perjanjian yang keluarkan oleh Microsoft adalah soal brand online. Microsoft merubah perjajian kontrak terkait dengan persetujuan pengambilalihan manajemen brand online Nokia.

Rencananya, Microsoft akan mengambil alih brand online Nokia tersebut setidaknya selama 1 tahun. Namun, Microsoft tidak akan merubah domain sehingga pengguna nokia akan tetap dapat mengakses situs resmi Nokia, Nokia.com.

Sama halnya dengan situs resminya, pihak Microsoft tidak akan mengubah situs jejaring sosial milik Nokia tersebut. Menurut rencana, Microsoft masih tetap akan mengganti brand milik Nokia dengan brand resmi Microsoft.

Sebagai informasi tambahan, Microsoft sendiri telah meminta para penyuplai untuk mengubah nama perangkat dengan brand Nokia. Secara spesifik, pihak Microsoft meminta mengganti brand tersebut menjadi Microsoft Mobile.

 microsoft, akuisisi microsoft, aplikasi komputer, akuisisi nokia, nokia

BACA JUGA:

Speedup. SmartWatch Lokal, Rasa Internasional

Penampakan Tablet PC Milik Nokia Tahun 2001

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *