Metode Terbaik Mengelola Daya Baterai Smartphone

By on July 10, 2013
Metode-Terbaik-Mengelola-Daya-Baterai-Smartphone-1

Baterai merupakan jantung dari hampir semua perangkat elektronik yang didesain untuk mobilitas tinggi, salah satunya adalah smartphone. Tidak ada smartphone yang akan berfungsi ketika daya dalam baterainya telah habis terpakai. Selain memiliki banyak fitur dan kegunaan yang pintar, telepon pintar atau smartphone juga membutuhkan cara pintar dalam mengelola baterai. Salah satunya adalah mengisi daya atau melakukan charging baterai, entah itu menggunakan colokan listrik smartphone atau menggunakan power bank terbaik.

Dengan cara yang baik dalam melakukan pengisian daya dan penggunaan daya yang tersimpan dalam baterai, maka umur baterai dan juga smartphone akan menjadi lebih panjang. Oleh karena itu pengguna smartphone yang ingin memiliki baterai dengan kemampuan menyimpan daya yang optimal dan berfungsi untuk masa pakai yang lama harus memperhatikan beberapa hal yang mungkin terkesan sepele namun akan sangat mempengaruhi kualitas baterai serta masa pakai yang lebih panjang.

Tips Mengisi Baterai Smartphone Yang Baik

Ternyata menurut seorang ahli teknologi Inggris bernama Eric Limer, mengisi baterai smartphone hingga 100 persen atau terisi penuh menjadi sesuatu yang tidak dianjurkan. Selain itu, membiarkan baterai hingga kosong hingga tersisa 0 persen daya di dalamnya juga menjadi hal yang tidak dianjurkan. Dalam sebuah artikel di Daily Mail yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dari situs teknologi Gizmodo, kebanyakan pengguna smartphone dan juga telepon genggam membiarkan daya dalam baterai gadget mereka habis digunakan hingga 0 persen dan kemudian mengisi baterai hingga memenuhi kapasitas baterai hingga 100 persen.

Cara atau metode penggunaan dan pengisian baterai tersebut akan dengan cepat menurunkan kemampuan menyimpan daya dari sebuah baterai dan akan mengurangi umur penggunaan optimal dari sebuah baterai telepon genggam atau smartphone. Sedangkan metode pengelolaan penggunaan baterai yang baik adalah dengan menggunakan daya baterai hingga kurang lebih 40 persen sebelum melakukan pengisian ulang daya dan melakukan pengisian daya maksimal pada kapasitas kurang lebih 80 persen. Metode pengelolaan daya baterai dengan mengatur penggunaan dan pengisian daya baterai tersebut akan memperpanjang usia pemakaian baterai dan menjaga kemampuan optimal baterai dalam menyimpan daya listrik.

Pengaruh Level Charging Dalam Menjaga Kualitas Baterai

Metode-Terbaik-Mengelola-Daya-Baterai-Smartphone-2

Salah satu rahasia agar baterai smartphone memiliki lifetime atau masa pakai yang panjang adalah dengan mengelola level charging atau tingkat pengisian daya baterai. Dengan menjaga baterai tidak mengalami kekosongan daya dan tidak melakukan pengisian daya hingga 100 persen atau penuh maka seorang pemilik smartphone telah melakukan upaya yang cukup baik untuk menjaga kualitas baterai dan memperpanjang usia pakai baterai dari sebuah smartphone. Eric Limer juga menyatakan bahwa pengisian baterai pertama kali hingga puluhan jam tidak memiliki efek baik bagi baterai lithium ion yang hampir digunakan oleh semua perangkat mobile. Keharusan mengisi baterai hingga puluhan jam hanyalah mitos dan hanya berlaku untuk baterai nikel yang telah sangat jarang digunakan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *