Mesin Pencari Google Kini Jauh Lebih Cerdas

By on November 19, 2015
1. Mesin Pencari Google Kini Jauh Lebih Cerdas 1

Mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang banyak digunakan oleh pengguna internet, termasuk Anda. Namun, apakah Anda pernah merasa sebal karena apa yang Anda cari tidak sesuai dengan hasil yang diberikan Google? Masalah Anda dapat dikatakan sudah teratasi saat ini, dengan adanya pengumuman resmi dari pihak Google. Pihak Google mengumumkan telah melakukan update terbesar untuk mesin pencari mereka.

Update ini memungkinkan mesin pencari Google untuk memberikan hasil sesuai dengan kata kunci yang termasuk cukup rumit. Hal ini berlaku untuk kata kunci berupa tulisan, dimana pengguna mengetikan kata kunci pada search bar mesin pencari serta untuk pencarian dengan cara lisan. Cara lisan yang dimaksud adalah dimana Anda mengucapkan kata pada mesin pencari.

Update ini diumumkan pada blog resmi Google. Artinya, update ini memang benar-benar ada dan dapat dinikmati pengguna mesin pencari Google. Meskipun update yang dilakukan ini termasuk sangat besar, namun menurut Google, perubahan ini hanya terbatas pada beberapa jenis pencarian saja.

Ada beberapa jenis pertanyaan yang dapat direspon dengan baik oleh mesin pencari Google dengan update terbaru ini. Misalnya, pertanyaan seperti “What are the largest cities in Texas”, yang menanyakan mengenai ukuran dapat dijawab dengan detail.

Selain itu, pertanyaan yang menginginkan jawaban lebih detail, seperti “What was the population of Singapore in 1965?” juga dapat dijawab oleh mesin pencari Google. Bahkan, pertanyaan rumit, seperti “Who was the U.S. President when the Angels won the World Series?” dapat dijawab juga. Untuk pertanyaan rumit ini, mesin pencari Google akan mencari kapan tim The Angels memenangkan World Series. Setelah itu, mesin pencari akan mencocokkan waktu tim ini memenangkan kejuaraan ini dengan informasi mengenai Presiden Amerika Serikat pada tahun tersebut.

Apa yang mampu dilakukan mesin pencari Google ini dapat pula dikatakan sebagai peningkatan kepandaian mesin pencari ini dalam memahami apa yang Anda inginkan. Hal ini pula disampaikan oleh Satyajeet Salgar, Product Manager Google. Dengan kemampuan lebih baik dalam memahami apa yang pengguna inginkan, maka hasil yang diberikan akan dapat lebih memuaskan penggunanya. Pengguna juga dapat menghemat banyak waktu saat mereka ingin mencari informasi yang dibutuhkan.

Tetapi, beberapa waktu yang lalu, fitur pencarian yang lebih mudah yang ditawarkan Google ini sempat dikeluhkan banyak pemilik website. Menurut mereka, saat pengguna mencari dengan menggunakan kata kunci, Google sudah menampilkan informasi mengenai kata kunci tersebut pada halaman depan mesin pencari. Hal ini membuat banyak pengguna enggan untuk mengunjungi website yang menyediakan informasi dengan kata kunci tersebut. Dengan adanya update terbaru dari mesin pencari Google ini, apakah akan timbul pula protes serupa dari para pemilik website?

Mesin Pencari Google

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *