Menyelundupkan Ubuntu ke Sistem Windows

By on December 4, 2013
5.Menyelundupkan Ubuntu Ke Sistem Windows1

Mungkin kadang Anda merasa bingung saat memilih sistem operasi untuk komputer Anda karena ada Windows dan Ubuntu yang memiliki kelebihannya masing-masing. Meskipun begitu, jika Anda memilih berdasarkan popularitas, tidak diragukan lagi jika Windows adalah sistem operasi favorit pengguna komputer. Banyak sekali pengguna Windows yang memilih menggunakan sistem operasi ini karena terasa mudah digunakan dan cepat dimengerti. Namun, dengan menggunakan Windows, bisa dipastikan Anda kehilangan fitur-fitur menarik dari Ubuntu.

Tentu saja tidak sedikit orang yang menginginkan kedua sistem operasi tersebut ada di dalam satu komputer maupun laptop mereka.Oleh karena itu, mereka ‘mengawinkan’ kedua sistem operasi ini agar mereka bisa menikmati fitur fitur dari kedua operasi sistem tersebut. Hal ini bukanlah hal yang sulit karena selalu ada trik tertentu untuk mengawinkan Windows dan Ubuntu. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda ikuti untuk menyelundupkan Ubuntu ke Windows.

Menyamakan Workgroup

Yang perlu Anda lakukan untuk pertama kali adalah menyamakan workgroup Windows Anda dengan workgroup file Ubuntu Anda. Bagi Anda yang awam dengan hal ini, Anda bisa membukanya melalui Control Panel di Windows.Selanjutnya pilihlah System and Security > System > Change Settings yang kemudian akan muncul jendela domain untuk computer name yang menampilkan nama workgroup. Isikan nama workgroup yang sama pada kolom member of agar Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Konfigurasi Folder Share

Selanjutnya, Anda bisa meneruskan step melalui Sharing Setting pada file Ubuntu Anda yang bisa diakses melalui klik kanan. Selanjutnya beri tanda cek untuk pilihan Share This Folder yang kemudian akan memunculkan jendela baru berisi pilihan-pilihan yang bisa Anda isi dengan keinginan Anda. Setelah itu, klik pada pilihan Create Share yang akan memunculkan jendela Add permission automatically yang harus Anda klik juga. Dengan begitu, Anda memungkinkan untuk mengotak-atik file tersebut dan Anda bisa melakukan perubahan terhadapnya.

Akses File dari Windows

Setelah melalui step kedua, step menyelundupkan Ubuntu ke Windows Anda belum selesai. Setelah Anda melakukan sharing folder Ubuntu, secara otomatis file Ubuntu Anda sudah bisa diakses melalui Windows. Cara mengakses file Ubuntu ini sangat mudah, Anda cukup membuka Network melalui Windows Explorer. Disini, Anda akan menemukan file Ubuntu yang sudah Anda share pada step kedua tadi.

Memetakan File

Ketika Anda sudah menemukan file Ubuntu di Network, Anda hanya memerlukan satu step lagi untuk menyelesaikan proses menyelundupkan Ubuntu ke Windows. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memetakan drive file tersebut ke drive file Windows. Pada ikon Network, klik kanan dan pilih pilihan Map Network Drive yang akan memerintahkan Anda untuk memberi nama huruf drive. Pilihlah huruf yang berbeda dari drive lain dan Anda sudah berhasil melakukan penyelundupan.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *