Menjaga Performa Macbook dan iPad Anda

By on October 6, 2013
5.Menjaga Performa Macbook dan iPad Anda2

Macbook tidak hanya digunakan tetapi juga dirawat agar peformanya tetap dari Anda memilikinya hingga nanti. Faktanya, ada beberapa dari Anda yang mengeluh bahwa Macbook dan iPad Anda berjalan lambat. Tentunya, ada cara efektif untuk menjaga performa gadget kesayangan Anda ini. Cara paling dasar untuk membersihkan dan membuat gadget Anda berjalan dengan lancar adalah dengan membersihkan file yang tidak perlu atau sudah tidak dipakai lagi.

File yang menumpuk dalam memori akan mengakibatkan kinerja perangkat gadget Anda melemah. Akan sangat wajar jika performa macbook dan iPad Anda melambat. Jika memang file masih diperlukan maka gunakan hard drive eksternal khususnya untuk menyimpan library iTunes dan iPhoto.  Selain membersihkan file yang tidak perlu, jangan lupa untuk menjalankan aplikasi yang memang Anda perlukan saja.

Faktanya, seringkali Anda menggunakan aplikasi kemudian lupa untuk menutupnya kembali. Aplikasi yang lupa Anda tutup tersebut akan banyak memakan memori RAM. Selain itu, daya baterai akan cepat habis jika Anda tanpa sadar membuka aplikasi terus-menerus. Untuk meningkatkan peforma macbook Anda, akan lebih baik jika Anda mengupdate Sistem Operasi.

ipad

Sistem Operasi yang tidak terupdate juga akan menurunkan kecepatan gadget Anda menjadi lambat. Walaupun tidak terjadi masalah dan selalu Anda gunakan, akanlebih baik untuk melakukan restart gadget tersebut secara berkala. Melakukan restart akan memulihkan beban memori RAM. Selain itu, Anda dapat mencegah beberapa masalah teknis khususnya hang atau auto restart.

Perlu Anda tahu bahwa macbook dan iPad didesain dengan menggunakan Time Machine. Time Machine mampu melakukan penyimpanan pada interval dalam waktu tertentu. Lebih baik setting fitur Time Machine menjadi manual kemudian periksa secara berkala sehingga Anda bisa membuat backup sendiri sesuai dengan keperluan Anda. Intinya, Anda masih bisa memiliki data penting yang Anda perlukan dengan dukungan macbook dan iPad dengan performa yang maksimal.

Ternyata, merawat gadget kesayangan Anda tidaklah sesulit dan serumit yang Anda bayangkan. Bahkan, beberap tips yang dituliskan di atas merupakan hal dasar yang memang seharusnya Anda lakukan tetapi jarang bahkan tidak pernah sama sekali Anda lakukan. Intinya, jangan hanya gunakan perangkat gadget Anda tanpa membersihkannya sekalipun. Membersihkan di sini tidak hanya membersihkan fisik dari gadget tersebut dari debu atau kotoran tetapi juga membersihkan bagian dalamnya.

Dalam hal ini termasuk membersihkan file-file yang sudah usang dan tidak up to date agar ruang dalam macbook dan iPad menjadi lega sehingga performanya akansama seperti saat Anda baru saja membelinya. Jadi, selama mencoba tips dan trik menjaga performa gadget kesayangan Anda dan semoga Anda bisa merasakan kegunaannya bagi gadget Anda. Setidaknya, Anda tidak akan mengalami kendala saat menggunakan gadget tersebut sehari-hari.

5.Menjaga Performa Macbook dan iPad Anda1

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *