Menjaga Keamanan Akun Facebook

By on September 9, 2013
2. Menjaga Keamanan Akun Facebook 01

Kemanan menjadi salah satu faktor yang patut mendapatkan perhatian dari para pengguna internet, kemampuan para peretas dan kecanggihan perangkat lunak yang memudahkan pencurian informasi membuat setiap pengguna internet patut meningkatkan kewaspadaan.

Pencurian informasi terutama mengenai indentitas pribadi dapat menjadi awal dari berbagai macam tindak kejahatan, bahkan informasi yang didapat dari jejaring sosial dapat menjadi sebuah awal bagi seorang kriminal untuk memilih korbannya. Menjaga keamanan akun jejaring sosial seperti Facebook menjadi sebuah keharusan agar informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya aman dan juga menjaga sang pemilik akun dari tindak kejahatan. Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keamanan akun Facebook seperti yang dipaparkan oleh Naked Security.

Mengelola Pengunjung Profil Facebook Anda

Dengan mengelola pengguna Facebook lain yang dapat mengunjungi profil atau menghubungi Anda, maka secara tidak langsung telah mengurangi resiko profil Facebook Anda dijadikan target pencurian informasi yang secara tidak langsung juga menjadikan Anda sebagai seorang target tindak kejahatan. Tidak membagikan profil Facebook kepada orang tidak dikenal atau asing dapat menjadi pilihan untuk mengurangi orang asing mengakses profil Anda.

Mengatur setting privacy merupakan tindakan yang bijaksana sehingga hanya orang – orang tertentu yang memang dekat atau kenal dengan Anda yang dapat melihat informasi atau profil Facebook Anda. Membatasi atau mengatur siapa saja yang dapat membaca postingan lama yang muncul di layar timeline juga dapat dilakukan untuk membatasi siapa saja yang dapat mengetahui aktivitas Anda di Facebook.

Mengatur seting privacy untuk membatasi siapa saja yang bisa menghubungi Anda melalui pesan atau mengajak pertemanan juga dapat mengurangi resiko menjadi target kejahatan karena berteman dengan seseorang yang tidak dikenal dan memang berniat menjadikan Anda sebagai target kejahatan.

Memilih hanya mutual friends atau teman dari teman Anda yang dapat meminta pertemanan atau mengirim pesan dapat menjadi salah satu pilihan. Memilih untuk tidak memunculkan profil Anda ketika seseorang melakukan pencarian berdasarkan alamat email atau nomor telepon juga dapat dipilih untuk membatasi kontak dengan orang asing atau tidak dikenal.

Mengelola Proses Login Akun Facebook Anda

Dengan mengelola proses login pada akun Facebook Anda, maka Anda akan mendapatkan pesan atau peringatan ketika ada orang lain yang berusaha mengakses akun Anda dari komputer atau tempat lain yang tidak dikenal. Pilihan ini dapat dibuat dengan memilih tab “Security”  pada Privacy Setting.

Mengaktifkan persetujuan untuk login juga dapat menjadi pilihan untuk menjaga keamanan akun Facebook Anda, ketika seorang pemilik akun akan mengakses akun miliknya maka situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dapat mengirimkan kode melalui ponsel sebagai persyaratan untuk melakukan login. Cara ini dapat dipilih dengan memilih “require a security code to access account from unknown browser” pada pilihan Login Approval.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *