Menikmati Internet Dalam Penerbangan Garuda Indonesia

By on November 29, 2013
5.Menikmati Internet Dalam Penerbangan Garuda Indonesia 2

Jika Anda termasuk yang tidak bisa lepas dari aktivitas di dunia maya, terbang dengan Garuda  Indonesia akan memberikan Anda kesempatan untuk tetap online saat dalam penerbangan. Berita ini mungkin terdengar sedikit ketinggalan jika dibandingkan dengan beberapa maskapai penerbangan internasional lainnya. Namun bagaimanapun juga, langkah garuda Indonesia ini patut diapresiasi.  Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Untuk bisa online dalam sebuah penerbangan, implementasinya tidak bisa sembarangan. Ini karena secara teknis ada kekhawatiran bahwa arus komunikasi yang berlebihan dalam sebuah penerbangan dianggap bisa menggangu komunikasi utama didalam penerbangan. Anda tentu bisa membayangkan bahayanya  jika instruksi penting untuk pilot tidak tersampaikan gara-gara terlalu banyak orang yang aktif telepon maupun online.

Secara ketat, dalam regulasi penerbangan layanan WiFi yang disebut Inflight Connectivity hanya dapat digunakan pada saat pesawat ada di ketinggian lebih dari 10.000 kaki. Aktivitas yang bisa dilakukan pada ketinggian tersebut adalah menjelajah internet, menggunakan jejaring sosial, mengirim email dan menggunakan layanan pesan instan. Perlu diingat bahwa layanan-layanan ini dilarang untuk diaktifkan saat pesawat sedang dalam posisi taxi, lepas landas dan mendarat.

5.Menikmati Internet Dalam Penerbangan Garuda Indonesia 3

Garuda baru bisa mengaktivasi layanan Inflight Connectivity setelah mendapatkan sertifikasi perangkat dari Direktorat Standarisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam proses ini, dilakukan pengujian terhadap pengukuran sinyal terhadap access point, fisik perangkat dan BTS pico seluler di GSM 1800.  Standar kelayakan ini sendiri mengacu pada UU No 36/1999 tentang Telekomunikasi.  Dengan sertifikasi ini,  tidak ditemukan ganguan interferensi untuk cockpit maupun kanal frekuensi lain sehingga penerbangan dinyatakan aman.

Bagi Anda yang ingin menikmati fasilitas WiFi Garuda Indonesia, ada baiknya Anda bersabar.  Untuk saat ini, fasilitas ini hanya tersedia untuk penumpang  dengan pesawat B-777-300 ER. Pesawat ini salah satunya punya tujuan Jakarta-Bali.

Untuk WiFi Garuda Indonesia  pada armada  A330-200 dan A330-300 sedang dalam tahap persiapan. Secara teknis, pihak Garuda Indonesia menyatakan semua peralatan yang dibutuhkan sudah terpasang. Yang membuat fasilitas ini belum berjalan adalah amasalah administratif.

Jika Anda penumpang first class, fasilitas WiFi Garuda Indonesia  ini adalah bagian dari komplimen. Bagi penumpang kelas eksekutif dan ekonomi, layanan internet ini juga bisa dinikmati. Anda bisa membayar dengan kartukredit maupun membeli voucher internet.

Jika dibandingkan dengan voucher internet biasa, harga yang dipatok cukup tinggi. Untuk menikmati paket unlimited 1 jam,  Anda harus membayar senilai USD 11,95 atau setara Rp 142 ribu. Untuk paket internet unlimited hingga 24 jam biayanya USD 21,95 atau sekitar Rp 250 ribu.

Selain fasilitas inflight connectivity, Anda juga bisa menikmati layanan inflight entertainment live TV. Ada 6 channel internasional yang bisa Anda nikmati. Channel tersebut yaitu CNBC, Euronews, NHK World Premium, CNN International, BBC World,  dan BBC Arabic. Jadi terbang dengan Garuda Indonesia sekarang bisa lebih santai dengan aneka hiburan dan konektivitas selama penerbangan.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *