Menginstal Versi Windows 8 Di Macbook Air

By on January 6, 2014
5.MENGINSTAL Versi Windows 8 Di Macbook Air(2)

Dirilisnya windows 8 pastinya membuat orang penasaran, sehingga banyak orang berlomba-lomba menginstal versi windows 8 terbaru ini. Berbagai fitur baru tentunya membuat Anda tertarik, termasuk bagi Anda pengguna Mac OS X. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menginstal windows 8 dan menikmati beragam fitur canggihnya. Memang beragam trik harus Anda terapkan, tetapi caranya sangat mudah sehingga tidak menyulitkan Anda.

Membuat bootable USB Stick

Langkah pertama menginstal versi windows 8 yang harus Anda lakukan, tentunya mempunyai software windows 8 yang akan diinstalkan perangkat Anda. Macbook Air memang minim optical drive, tapi Anda masih bisa memakai USB stick Bootable guna menggantikan CD software. Siapkan flashdisk minimal berkapasitas 4 GB, supaya bisa menampung file windows 8.

Jalankan boot camp assistant, kemudian pilih applications, utilities, terakhir pilih boot camp assistant. Berikan tanda centang pada tiga pilihan yang terdapat pada boot camp assistant. Instalasi windows 8 mengharuskan Anda menyisihkan ruang kosong sebesar 20 GB, guna menjalankan sistem operasi ini. Tapi disarankan Anda menyisihkan dua kali lipat kapasitas tersebut.

 macbook air, windows 8, instal windows,

Tentukan partisi sebelum instal Windows 8

Tentukan dahulu drive sesuai partisi sebelum menginstal versi windows 8 pada perangkat Anda. Partisi BOOTCAMP sebaiknya Anda hapus dari sistem komputer Anda. Opsi New bisa Anda pilih setelah menentukan drive partisiyang kosong. Jangan sembarangan dalam menghapus file, cukup partisi BOOTCAMP saja yang Anda hapus.

Proses instal  boot camp software

Jika instalasi Windows 8 berhasil Anda selesaikan, sebaiknya Anda instal windows support software yang disertakan oleh Apple. Aplikasi ini memudahkan Anda dalam menjalankan kinerja windows dengan baik. Aktivitas multi touch scrolling dan klik kanan pada windows bisa Anda jalankan dengan sempurna. Anda bisa menekan opsi cmd di bagian sisi kiri spacebar guna memasuki desktop windows.

Kemudian memilih windows explorer pada menu taskbar. Anda bisa memilih USB stick di bagian sidebar di bagian kiri, folder windows support bisa Anda buka. Aplikasi setup bisa Anda klik dua kali, guna memulai proses instalasi. Langkah berikutnya, Anda harus merestart windows 8 guna memulainya.

Berpindah antara windows 8 dan Mac OS X

Software boot camp tidak bisa dijalankan bersamaan dengan windows 8. Tapi manfaat lainnya bisa Anda dapatkan, seperti tombol operasi windows dan trackpad. Guna beralih dari windows 8 menuju Mac OS X,  bisa menekan tombol Alt beberapa saat, ketika dalam proses restart. Sehingga Anda bisa mengatur, sistem operasi mana yang akan Anda gunakan. Bila Anda menerapkan boot windows sebagai default, Anda masih bisa mengaturnya dengan masuk ke menu System Preference, lalu  memilih  Startup disk dan terakhir memilih partisi Mac OS X.

macbook air, windows 8, instal windows,

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *