Mengembalikan Performa Perangkat Android Dengan Uninstall Master

By on August 19, 2013
28.-Mengembalikan-Performa-Perangkat-Android-Dengan-Uninstall-Master-01

Hampir semua perangkat komputasi akan mengalami penurunan performa setelah beberapa saat digunakan, penambahan data yang tersimpan dalam memori yang akan menyebabkan fragmentasi menjadi salah satu penyebabnya, selain itu masih ada beberapa penyebab lain yang akan mengakibatkan sebuah perangkat komputasi mengalami penurunan performa. Untuk itu Anda perlu tahu cara agar bisa lebih pintar menggunakan smartphone.

Hal serupa juga terjadi pada perangkat telepon genggam yang menggunakan sistem operasi Android, penambahan atau instalasi aplikasi yang terlalu banyak sehingga mengurangi ruang memori serta membuat fragmentasi file yang tersimpan menjadi salah satu penyebab yang paling lazim. Mengurangi jumlah aplikasi yang terpasang menjadi solusi termudah, namun melakukan proses uninstall secara otomatis seringkali masih meninggalkan sampah memori sehingga terdapat ruang memori yang menjadi tidak efisien dalam penggunaannya.

Tips Memperbaiki Kinerja Smartphone

Salah satu tips yang dapat dicoba dalam melakukan proses uninstall yang bersih dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi Uninstall Master, ketika terdapat aplikasi terpasang dalam jumlah banyak maka melakukan proses uninstall satu persatu akan memakan banyak waktu. Dengan aplikasi Unistall Master maka proses uninstall beberapa aplikasi dapat dilakukan secara bersamaan.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk melakukan pembersihan massal aplikasi – aplikasi yang kurang berguna atau sangat jarang digunakan dengan sekali proses untuk mengembalikan ruang memori yang dibutuhkan agar kinerja sebuah smartphone yang merupakan sebuah perangkat komputasi kembali meninggkat, dengan membersihkan ruang memori yang dihuni oleh aplikasi yang kurang berguna maka sebuah perangkat smartphone biasanya akan mengalami peningkatan performa seperti peningkatan kecepatan eksekusi dalam membuka sebuah aplikasi.

Sebelum dapat menggunakan aplikasi Uninstall Master maka pengguna smartphone perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Uninstall Master, setelah proses instalasi selesai maka aplikasi dapat mulai dijalankan untuk melihat daftar aplikasi yang telah terpasang di ponsel.

Selanjutnya pengguna dapat memilih aplikasi – aplikasi mana saja yang akan dihapus dengan cara memberi tanda centang pada kotak di sebelah aplikasi yang dimaksudkan untuk dihapus. Proses unistall berikutnya berupa peringatan konfirmasi tentang penghapusan aplikasi – aplikasi yang telah dipilih, beri tanda centang di sebelah perintah move to recycle bin untuk membersihkan memori.

Penghapusan Aplikasi Yang Telah Terpasang

28.-Mengembalikan-Performa-Perangkat-Android-Dengan-Uninstall-Master-02

Proses pemberian izin super user privillege akan memberi Anda akses ke root, persetujuan pemberian akses ini akan membuat proses penghapusan dilanjutkan. Agar proses penghapusan dengan pilihan move to recycle bin dapat dilanjutkan maka ponsel harus berada di root, pilih OK untuk melanjutkan proses uninstall atau penghapusan dan aplikasi yang telah dipilih akan dihapus secara permanen.

Aplikasi bawaan yang secara otomatis terpasang ketika ponsel dibeli juga dapat dihapus dengan menggunakan program Uninstall Master, jika navigasi Anda telah berada di root memori ponsel maka layar dapat digeser ke kanan untuk membuka tab System App. Aplikasi unistall lain yang dapat digunakan adalah Greenify yang juga mempu memberikan akses ke root untuk melakukan proses penghapusan aplikasi yang terpasang.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *