Mengapa Microsoft Memutuskan untuk Membeli Nokia?

By on September 4, 2013
Nokia CEO Stephen Elop and Microsoft CEO Steve Ballmer announce plans for a broad strategic partnership to build a new global mobile ecosystem at a press conference in London, UK February 11, 2011. Nokia and Microsoft plan to form a broad strategic partne

Sebagai salah satu provider gadget Windows yang pernah melambung namanya beberapa tahun lalu, Nokia kini tampak terkatung-katung karena popularitasnya dikalahkan oleh Android dan juga iPhone. Maka dari itu, Microsoft pun berupaya untuk merangkul developer windows mobile, Nokia ini. Tidak mengherankan memang jika pada akhirnya Nokia memutuskan untuk bergabung bersama Microsoft. Hal ini dikarenakan Nokia membutuhkan kerjasama dari Microsoft supaya mereka bisa menciptakan produk baru yang nantinya bisa lebih bersaing di pasaran gadget saat ini. Apa sebenarnya alasan dari Microsoft membeli Nokia? Pihak dari Microsoft mengatakan bahwa akusisi yang dimiliki oleh Nokia memiliki peluang yang cukup tinggi untuk bisa bersaing dengan smartphone platform lainnya. Bahkan jika mampu dimanfaatkan dengan baik, kerja sama antara Nokia dan Microsoft ini akan mampu untuk menyaingi produk yang dimiliki oleh iPhone dan juga Android.

Microsoft Sedang Mengurus Paten dari Nokia

Ditambah lagi, raksasa teknologi nomer satu di dunia ini juga mengakui bahwa mereka saat ini sedang mengurus paten dari pembelian Nokia ini. Mereka juga ingin segera beranjak dan bersaing dengan produk iPhone dan Android saat ini. Bahkan ini juga akan membuat provider mampu untuk membuat produk yang mewah dan elegan di masa yang akan datang. Hal serupa dikatakan oleh Steve Ballmer, CEO Microsoft, yang mengatakan bahwa paten adalah sesuatu berharga yang dimiliki oleh sektor teknologi. Paten juga akan menjadikan sebuah developer mampu untuk menciptakan inovasi produk yang baru bagi para pelanggan.

4.b.Mengapa Microsoft Memutuskan untuk Membeli Nokia

Strategi Microsoft untuk Bersaing dengan Apple dan Android

Dalam hal ini, Microsoft juga memiliki berbagai macam ide mengenai perangat dan layanan yang akan diberikan di produk barunya nanti, setelah bergabung dengan Nokia. Dalam waktu dekat, kerjasama yang dilakukan antara Microsoft dan Nokia akan menjadikan user base yang dimiliki oleh Microsoft menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya. Hal ini tertuang dalam presentasi yang dikemukakan oleh Steve beberapa waktu lalu didepan publik. Selanjutnya, Microsoft tampaknya akan menciptakan produk dengan basis ide yang mirip dengan Apple. Tampaknya, strategi yang satu ini juga cocok untuk mereka lakukan mengingat Microsoft adalah salah satu provider teknologi yang terkenal di seluruh dunia.

Perkembangan Windows Phone masih belum menurun kata Steve. Bahkan beliau mengatakan bahwa Microsoft akan melakukan upaya yang maksimal agar popularitas dari Windows Phone bisa meningkat lagi seperti zaman ketenarannya dulu. Saat ini pihak Nokia dan Microsoft masih mendiskusikan mengenai masalah harga yang harus dikeluarkan oleh Microsoft untuk membeli Nokia. Jika memang marjin harga yang ditentukan oleh Nokia sesuai dengan kebutuhan Microsoft, maka mereka tidak akan ragu untuk membelinya. Keuntungan yang banyak nantinya pasti bakalan mengalir ke pihak Nokia, namun demikian mereka tidak akan bisa berbuat banyak lagi terhadap perkembangan Nokia.

4.c.Mengapa Microsoft Memutuskan untuk Membeli Nokia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *