Mengamankan Smartphone dari Ancaman Virus

By on April 13, 2013
antivirus-2

antivirus-1

Perlahan namun pasti, fenomena smartphone memang semakin menggeser teknologi ponsel lama. Dengan semakin canggihnya teknologi, maka smartphone juga berkembang dengan teknologi yang semakin canggih. Akan tetapi ancaman selalu ada, terlebih mengingat bahwa pengguna smartphone semakin bertambah banyak. Dengan semakin bertambahnya pengguna smartphone, maka semakin banyak pula ancaman yang dapat mengganggu kinerja smartphone. Ancaman yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone saat ini adalah ancaman virus.

Virus sebenarnya merupakan software yang dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu. Akan tetapi virus memang lebih spesifik pada jenis aplikasi yang merusak. Persebaran virus juga sudah sangat mencemaskan. Setiap kali mengakses internet, tidak ada jaminan bahwa ponsel pintar yang digunakan tidak disusupi oleh virus. Mengingat ancaman virus yang semakin merajalela, maka para pengguna smartphone harus lebih cerdas dan diwajibkan untuk menginstall aplikasi untuk mengamankan smartphone. Meski tidak 100% menjamin terbebas dari virus, paling tidak smartphone lebih aman dari ancaman virus.

Beberapa Aplikasi Antivrius yang Direkomendasikan

Aplikasi antivirus sudah menjadi aplikasi yang wajib terinstall pada perangkat smartphone. Akan tetapi memilih antivirus sebaiknya juga dilakukan dengan pertimbangan yang tepat. Aplikasi antivirus hendaknya harus mampu melindungi smartphone dari ancaman virus terlebih ancaman virus yang sudah sangat terkenal. Fitur update database virus adalah fitur wajib yang ada pada antivirus. Jadi jika antivirus yang digunakan memang asli antivirus, hal-hal tersebut pasti dapat ia dipenuhi.

Untuk lebih memudahkan dalam memilih antivirus, pilihlah antivirus yang memang telah dikenal seperti antivirus Kaspersky, Avast, Norton dan McAfee. Antivirus yang namanya memang sudah dikenal sebagai antivirus desktop adalah pilihan terbaik dan termudah dalam menentukan antivirus yang memang dapat diandalkan.

antivirus-2

Aplikasi Security Lain

Menginstall aplikasi antivirus saja terkadang tidaklah cukup. Untuk melindungi data yang sangat penting, sebaiknya install juga aplikasi mobile security lainnya. Salah satu contoh dari aplikasi ini adalah Trend Micro Mobile Security. Aplikasi ini sangat berguna untuk melindungi password dan transaksi mobile banking. Untuk mengamankan komunikasi seperti SMS, ada baiknya menggunakan aplikasi enkripsi. Saat ini ada banyak aplikasi enkripsi SMS. Untuk perangkat Android, salah satu aplikasi enkripsi SMS yang bisa dipertimbangkan adalah SMS Encryption Droid, Masq SMS Encryption dan masih banyak lagi. Ada juga aplikasi yang mampu menyembunyikan file. Aplikasi ini tentunya sangat berguna untuk menyimpan file-file rahasia dan penting. Akan tetapi meski saat ini banyak aplikasi pengaman yang dapat diunduh di internet, pengguna masih bisa mengamankan smartphonenya dengan menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone tersebut. Aplikasi ini adalah aplikasi kunci smartphone yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan password sebelum bisa menggunakan smartphonenya. Agar lebih aman lagi, usahakan untuk mengganti password tersebut secara periodik agar tingkat keamanannya tetap terjaga.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *