Mengaktifkan Maintenance Otomatis Windows 8 pada Komputer

By on October 7, 2013
5.Mengaktifkan Maintenance Otomatis Windows 8 pada Komputer2

Perangkat komputer sudah menjadi kebutuhan penting di tengah masyarakat modern saat ini karena beragam jenis pekerjaan memerlukan dukungan komputer untuk mendapatkan penyelesaian yang lebih cepat dengan hasil yang lebih sempurna. Penggunaan komputer banyak orang pun semakin intens dari hari ke hari untuk beragam keperluan.

Nah, Anda boleh saja menggunakan komputer setiap hari dengan intensitas yang tinggi, tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa komputer tidak berbeda jauh dengan kendaraan. Jika Anda sering menggunakan kendaraan, Anda harus semakin sering merawat kendaraan tersebut baik dari hal kecil hingga hal yang besar agar kendaraan bisa tetap melaju dengan baik dan aman. Demikian halnya dengan komputer yang membutuhkan perawatan rutin agar tetap kencang, responsif, dan tidak mudah hang.

Tentu Anda menyadari betapa pentingnya perawatan komputer mengingat komputer menjadi sumber kehidupan Anda. Jika komputer berjalan tersendat apalagi sampai hang, betapa banyak pekerjaan yang harus tertunda dan tidak bisa diselesaikan dengan baik. Namun, perawatan komputer tidak hanya bisa dilakukan sesekali karena Anda harus melakukannya secara berkala. Masalahnya, Anda acapkali tidak punya waktu atau bahkan lupa untuk melakukan perawatan komputer tersebut.

Anda pengguna sistem operasi Windows 8 dalam perangkat komputer cukup beruntung karena sistem operasi ini didukung oleh fitur perawatan atau maintenance otomatis. Anda tak perlu lagi repot berulang kali melakukan perawatan pada komputer Anda karena hanya dengan satu kali pengaturan saja, Windows akan melakukan perawatan secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang sudah Anda buat.

Lalu fitur perawatan apa saja yang ditawarkan oleh maintenance otomatis Windows 8 ini yang nantinya akan berjalan secara berkala? Perawatan yang bisa dijalankan secara otomatis ini meliputi pemutakhiran perangkat lunak,security scanning, dan diagnosis sistem. Dari pengaturan default dari Windows 8, perawatan secara otomatis ini akan dilakukan pada pukul tiga dini hari saat komputer Anda dalam keadaan idle dan menunggu hingga komputer diaktifkan serta dalam kondisi idle jika pada jam tersebut komputer dalam keadaan mati.

Tidak ada ruginya sama sekali bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 8 untuk memanfaatkan maintenance otomatis ini karena dengan demikian, komputer Anda akan selalu bersih dan aman dengan perangkat lunak yang selalu sesuai dengan perkembangan serta sistem yang selalu tampil maksimal. Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut untuk mengubah pengaturan perawatan otomatis tersebut untuk lebih menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pertama-tama, Anda hanya perlu mengakses Action Center dari desktop komputer Anda. Kemudian, akan muncul jendela baru dan Anda tinggal meng-klik Maintenance dan memilih Change maintenance setting pada bagian Automatic Maintenance. Baru kemudian Anda bisa mengatur waktu yang Anda inginkan untuk perawatan otomatis komputer pada jendela berikutnya dengan meng-klik OK. Anda boleh duduk santai tanpa perlu pusing mengenai perawatan komputer lagi.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *