Mengaktifkan Disk Write Catching Melalui Explorer dan Device Manager

By on October 9, 2013
Monitor, Keyboard, and Mouse

Salah satu tips dan trik komputer yang sering dicari oleh pengguna komputer adalah mengenai cara meningkatkan performa penyimpanan data yang ada di Windows. Jika Anda ingin meningkatkan performa penyimpanan data pada Windows maka salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur disk write caching. Fitur ini sudah disediakan secara otomatis pada Windows di komputer Anda. Disk Write Caching sendiri merupakan sebuah fitur yang memberikan operasi tambahan ke dalam sebuah fitur cache pada saat data dibuat.

Ketika data file Anda akan disimpan maka fitur ini akan merubahnya dalam bentuk cache khususnya pada saat Anda akan menyimpannya dalam flash disk. Jika file tersebut sudah selesai dibuat maka file tersebut akan dimasukkan dalam disk. Nantinya, sistem akan memberitahukan bahwa cache sudah aman untuk dihapus. Dengan menggunakan trik ini, Anda bisa tetap menjaga performa hard disk komputer agar bekerja secara maksimal.

Setidaknya, Anda tidak harus selalu menggunakan hard disk saat menyimpan data. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui Explorer dan Device Manager. Dua cara ini bisa dilakukan jika fitur disk write cache belum Anda aktifkan. Biasanya, fitur ini sudah aktif secara default.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan fitur ini. Pasalnya, fitur ini juga bisa menghilangkan file Anda khususnya jika pada proses pembuatan tiba-tiba listrik padam. Kendala ini juga akan terjadi bila ada kegagalan pada sistem ataupun kegagalan pada software. Jangan lupa juga untuk mematikan aplikasi ini setelah Anda menggunakannya.

Jika Anda ingin mengaktifkan disk write caching melalui Explorer maka saat membuka drive pada komputer arahkan kursor pada salah satu partisi yang ada pada hard disk kemudian pilihlah properties. Lalu, akan muncul jendela properties. Kemudian, pilih tab hardware dan pilih properties lagi.

Jika sudah maka pilih menu policies dan beri centang pada kotak yang bertuliskan enable write caching on this device. Langkah terakhir pengaktifan fitur ini adalah dengan mengklik tombol OK. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengaktifkan disk write caching melalui device manager maka buka terlebih dahulu fitur device manager. Kemudian, pilih disk drives lalu cari properties yang ada pada sisi sebelah kanan.

Sama dengan langkah di atas, buka tab policies dan beri centang pada kotak bertuliskan enable write caching on this device. Akhiri proses dengan mengklik tombol OK. Trik ini bisa Anda lakukan khususnya jika perfoma komputer Anda mulai lambat karena hard disk sudah mulaipenuh.

Jika suatu saat Anda ingin menonaktifkan fitur disk write caching maka lakukan cara yang sama seperti cara di atas kemudian hapus centang pada kotak kemudian klik OK. Selamat mempraktekkan dan lihat hasilnya sebelum dan sesudah memakai fitur ini.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *