Mencegah Malware Canggih Ransomware Menyerang Personal PC

By on July 10, 2015
2. Mencegah Malware Canggih Ransomware Menyerang Personal PC 2

Ransomware adalah permasalahan yang sudah cukup lama ada di dunia internet namun kenyataanya masih banyak orang yang terkena serangan malware canggih ini. Pada dasarnya Ransomware adalah malware yang umumnya ditujukan untuk menyerang komputer korporasi dengan menyandera data-data yang penting dan mengunci layar. Namun banyak terjadi personal PC yang terkena serangan Ransomware ini.

Lebih parahnya lagi banyak orang yang tak sengaja kebobolan dan menjadi korban dari malware canggih ini akibat kelalaian mereka sendiri yang mengunduh paket Ransomware tanpa mereka sadari. Kebanyakan orang terkena atau tak sengaja mengunduh Ransomware ketika mereka sedang berselancar  di dunia maya. Bahkan di web-web yang nampaknya aman sering terjadi justru menjadi sumber serangan Ransomware itu.

Kebiasaan pengguna internet adalah browsing pada situs-situs berbahaya atau situs yang menyediakan hiburan dewasa, disinilah banyak sekali terjadi infeksi Ransomware. Pada saat Anda mengunduh file, melakukan persetujuan verifikasi maupun hanya browsing, bisa saja Anda tak sengaja mendownload malware tersebut dan tak mudah bagi pengguna personal PC atau komputer pribadi untuk menanggulanginya.

Jika personal PC Anda sudah terserang Ransomware maka malware ini tidak akan mencuri data Anda namun justru memeras uang Anda. Malware Ransomware bekerja dengan mengunci dan mengenkripsi file-file Anda  dan juga  tampilan layar monitor Anda. Jika Anda ingin komputer dan file Anda kembali, maka Anda diharuskan membayar sejumlah uang yang diminta oleh sang pembuat malware ini. Jika Anda tak menuruti permintaan para penyebar Ransomware ini maka file dan komputer Anda tak akan pernah bisa dibuka kembali.

Namun yang parah adalah setelah Anda membayar uang tebusan tersebut, tak ada jaminan bahwa file dan komputer Anda akan kembali dengan utuh atau seperti sediakala. Yang ada adalah setelah Anda membayar uang tebusan, komputer dan file-file Anda akan tetap terkunci dan Anda harus melakukan install ulang yang artinya semua file-file Anda beresiko hilang semuanya. Oleh sebab itu jika Anda sering sekali bekerja dengan personal PC Anda dan menyimpan banyak data penting di dalamnya, selalu lakukan hal-hal berikut.

Yang pertama adalah membackup file-file Anda secara teratur, seminggiu sekali atau dua minggu sekali. Membackup bisa dilakukan dengan memanfaatkan external hard drive, USb Flash drive dan microSD berkapasitas besar atau back up ke layanan cloud. Berikutnya, bookmark semua situs yang paling sering Anda kunjungi dan tiap kali Anda berkunjung, klik saja ikon pada bar Bookmark agar Anda langsung menuju ke situs asli yang sudah Anda backup. Jika tidak maka bisa saja Anda diarahkan ke situs dengan nama yang mirip yang sudah terinfeksi Ransomware. Berikutnya, verifikasi pengirim email, link, dan juga lampiran yang ikut dikirimkan.

Ransomware

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *