Menanti Rampungnya Aturan Domain Anything.id

By on October 26, 2013
2.Menanti Rampungnya Aturan Domain Anything.id1

Pengguna internet di seluruh dunia termasuk di Indonesia saat ini semakin bertambah jumlahnya. Internet juga sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi banyak orang Indonesia baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan profesional. Selain menggunakan internet untuk mencari informasi, ternyata semakin banyak pengguna yang menyebarkan informasi di dunia maya dengan membuat website.

Yang namanya membuat website tentu tidak akan bisa dipisahkan dari yang namanya domain. Domain menjadi salah satu hal yang sangat menentukan kesuksesan sebuah website. Domain dengan akhiran dot com (.com) mungkin sudah cukup dikenal di tengah masyarakat termasuk pemilik website. Namun, domain yang membawa embel-embel negara juga bisa ditemukan seperti .us (dot us) yang mewakili Amerika Serikat.

Nah, Indonesia sendiri sebenarnya juga sudah cukup akrab dengan domain lokal dengan akhiran .co.id, tetapi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sedang menggodok aturan main pemakaian domain anything.id (anything dot id) yang telah disetujui bersama mereka yang empunyai kepentingan dalam dunia bisnis nama domain internet. Aturan tersebut diharapkan tuntas dari masa penggodokan pada awal tahun depan.

Setelah aturan tersebut rampung, nantinya nama domain ini bisa dipakai oleh seluruh warga Indonesia termasuk oleh pemerintah, pelaku bisnis, organisasi, dan perseorangan. Meskipun demikian, ketua PANDI, Sigit Widodo masih belum bisa memastikan mengenai pihak mana yang akan didahulukan untuk mengadopsi nama domain tersebut karena keputusan ini masih menunggu kepastian dari forum nama domain.

Selain digunakan oleh orang Indonesia dari beragam kalangan, domain anything.id juga bisa dipakai oleh institusi asing yang mempunyai perwakilan di Indonesia. Pemilik merek asing yang sudah terdaftar di Indonesia juga bisa menggunakan nama domain ini. Pemilik website bisa memesan nama domain dengan menggunakan minimal lima karakter dan mengajukan permintaan khusus pada pihak PANDI jika nama domain yang diinginkan kurang dari lima karakter.

Dari segi sistem, pemakaian nama domain ini sebenarnya sudah siap. Akan tetapi, penguatan dari segi regulasi diperlukan untuk menghindari sengketa di masa mendatang. Sengketa yang bisa muncul sebagai contoh adalah nama domain garuda.id yang kemungkinan besar akan diincar oleh salah satu perusahaan maskapai penerbangan paling besar di Indonesia, Garuda Indonesia dan perusahaan yang membuat produk dengan merek Kacang Garuda. Orang dengan nama Garuda pun bisa mengincar nama domain ini. Dengan kata lain, ada kemungkinan terjadi sengketa sehingga sebagai langkah antisipasi, tim PANDI serta para pemangku kepentingan berniat membuat tim khusus meliputi ahli domain, pakar hukum siber, dan ahli merek untuk menyelesaikan sengketa yang mungkin terjadi.

Pada dasarnya, domain anything.id mempunyai tujuan untuk memberikan nama domain yang lebih personal, sederhana, dan tentunya mudah diingat dengan akhiran .id yang menunjukkan country coed top level domain dari Indonesia. Dengan demikian, pengguna internet dimungkinan untuk menggunakan nama domain yang ia pilih sendiri.

2.3

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *