Menangani Master Boot Record Windows 8 Yang Corrupt

By on January 14, 2014
5. Menangani Master Boot Record Windows 8 Yang Corrupt 1

Salah satu masalah yang sering menimpa pengguna komputer berbasis Windows adalah gagal booting. Hal ini biasanya terjadi pada laptop atau komputer yang sudah mulai berusia namun kadang juga ditemukan pada komputer terbaru. Kejadian gagal booting menjadi masalah yang sangat serius karena adanya data-data penting pada komputer Anda. Dengan adanya gagal booting mungkin Anda akan kehilangan data-data tersebut padahal Anda tidak mempunyai cadangannya.

Gagal booting biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada MBR atau sektor komputer Anda yang merupakan catatan boot utama dalam sistem Intel x86 dan x86-64. Tugas MBR sangat penting yaitu mencari partisi yang aktif yang dapat melakukan proses booting dalam tabel partisi, mencari sektor pertama dari partisi untuk mendapatkan boot sector, menyalin boot sector ke dalam memori dan memberikan kontrol selanjutnya.

Master boot record windows 8 juga rentan terkena masalah gagal booting ini sehingga komputer tidak bisa memasuki tampilan desktop windows 8. Permasalahan ini bisa segera diatasi dengan Startup Repair dan jika tidak berhasil maka bisa menggunakan perintah Bootrec.exe untuk memperbaiki MBR yang rusak atau hilang. Namun perlu diketahui juga gagal booting bisa juga terjadi karena adanya virus dan aplikasi-aplikasi yang Anda install.

 master boot record, windows 8, corrupt, komputer error,

Jika komputer berbasis Windows 8 Anda mengalami kerusakan maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dengan mempergunakan cakram DVD Windows 8 yang Anda punyai. Pertama masukkan DVD ke DVD Room dan ubah urutan Boot ke DVD.  Anda bisa mengganti pengaturan ini lewat BIOS. Langkah kedua, pastikan Anda mendapatkan tampilan Install Screen pada Windows 8 tersebut dan kemudian klik tulisan “Repair Your Computer”.

Setelah itu akan muncul pilihan trouble shooting dan advance options. Setelah berhasil masuk pada Advanced options, jalankan utilitas command prompt Windows dan ketik perintah Bootrec.exe /fixmbr dan kemudian tekan enter. Setelah beberapa saat, komputer Anda akan memperbaiki dirinya sendiri dan setelah seluruh proses selesai seharusnya komputer Anda bisa dipergunakan kembali tanpa masalah.

Proses menangani Master boot record windows 8 ini cukup cepat dan mudah namun Anda harus melakukan perintah secara satu persatu dengan sangat hati-hati dan tanpa kesalahan apapun juga. Jika terjadi kesalahan pengetkan perintah maka tidak akan ada tindakan yang dilakukan oleh komputer tersebut. Pastikan Anda juga mencermati setiap proses dengan seksama sehingga Anda bisa mengulangi jika terjadi kesalahan.

Setelah Anda berhasil merestart komputer Anda dan Master boot record windows 8 sudah baik lagi maka kembalikan aturan Boot seperti semula dan ambil keping DVD dari DVD drive komputer Anda. setelah itu restart kembali komputer Anda dan pergunakanlah dengan lebih hati-hati supaya tidak gagal booting lagi di masa depan.

master boot record, windows 8, corrupt, komputer error,

BACA JUGA:

LG Merilis Ponsel Baru Dengan Sistem Operasi Besutan Mozilla

Cara Scan Virus Online Tanpa Membebani Perangkat dengan Antivirus

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *