Memperpanjang Masa Pakai Baterai Dengan Metode Pengisian Ulang Yang Baik

By on August 21, 2013
35.-Memperpanjang-Masa-Pakai-Baterai-Dengan-Metode-Pengisian-Ulang-Yang-Baik-01

Baterai menjadi salah satu komponen utama dari hampir semua perangkat mobile, komponen inilah yang menjadi sumber energi yang membuat perangkat mobile menjadi luwes, fleksibel dan tidak terikat oleh kabel sebagai media untuk mendapatkan energi listrik. Kemampuan baterai modern untuk menyimpan energi listrik dalam jangka waktu yang cukup lama dengan kapasitas daya yang cukup besar serta mampu diisi ulang ketika energi listrik yang tersimpan telah habis memberikan fleksibilitas yang luar biasa bagi perangkat mobile.

Meskipun begitu kemampuan dan daya tahan baterai untuk menyimpan dan diisi energi listrik akan menurun seiring dengan jangka waktu penggunaan sehingga tetap harus diganti jika kemampuannya telah jauh berkurang, makanya tidak heran jika banyak orang mencari tips menghemat baterai smartphone mereka. Memperpanjang usia pakai baterai menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan oleh para pengguna perangkat mobile karena semakin panjang usia pakai maka biaya perawatan dari sebuah perangkat mobile akan semakin berkurang dan pengguna akan lebih berhemat.

Hubungan Umur Masa Pakai Baterai Dengan Metode Pengisian Ulang

Mengelola pengisian ulang baterai untuk memperpanjang umur atau masa pakai menjadi topik yang hangat dibicarakan terkait dengan baterai selain resiko gadget yang meledak karena proses pengisian baterai yang salah, hal tersebut dapat dimengerti karena baterai merupakan sumber energi dari sebuah gadget mobile sehingga ketidakmampuan baterai untuk menyimpan energi listrik dapat menjadi hal yang fatal karena gadget tanpa baterai akan menjadi tidak berguna.

Baterai isi ulang yang saat ini digunakan menggunakan Lithium Ion yang berbeda dengan baterai Nickel Cadmium di masa lalu, oleh karena itu terdapat beberapa perbedaan dalam perawatan dan mekanisme pengisian ulang bateria serta metode terbaik mengelola daya baterai guna mendapatkan masa pemakaian yang maksimal.

Metode Pengisian Baterai Yang Optimal

35.-Memperpanjang-Masa-Pakai-Baterai-Dengan-Metode-Pengisian-Ulang-Yang-Baik-02

Ada beberapa pertanyaan yang lazim ditemui terkait dengan metode pengisian ulang baterai Li-ion, salah satunya adalah apakah baterai harus selalu diisi ulang hingga maksimal setiap kali dilakukan pengisian ulang? Gadget yang baik akan secara otomatis menghentikan pengisian ketika baterai telah terisi penuh 100 persen dan baterai Li-ion tidak mengalami memory effect seperti kasus pada baterai Ni Cad sehingga pengisian penuh atau tidak secara teori tidak akan mempengaruhi umur atau masa pakai sebuah baterai.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah kaitan sering tidaknya pengisian meskipun baterai belum habis dan penghentian pengisian baterai ketika belum terisi pebuh dengan umur atau masa pakai baterai. Karena baterai Li-ion tidak mengalami memory effect, maka secara teori mekanisme tersebut akan memperpanjang masa pakai sebuah baterai. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa baterai yang diisi ulang pada saat masih menyisakan 90 persen energi memiliki life cycle 3.750 sedangkan baterai yang diisi ulang ketika tidak ada energi tersisa atau 0 persen memiliki life cycle 300 saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *