Memperbaiki Sendiri Mouse Rusak Anda

By on December 24, 2013
5. Memperbaiki Sendiri Mouse Rusak Anda 2

Sejak jaman dahulu hingga sekarang, aksesori komputer dan laptop yang selalu ada adalah mouse. Mouse adalah alat untuk mengarahkan pointer pada komputer Anda dan memilih opsi-opsi yang ada. Mouse paling murah berharga 25 ribuan sementara jika Anda punya banyak uang ada juga mouse yang berharga jutaan rupiah dan tanpa kabel. Mouse adalah komponen yang mudah rusak karena selalu Anda pergunakan setiap saat. Anda tidak perlu beli baru untuk mengatasi kerusakan yang terjadi karena Anda bisa memperbaiki sendiri mouse rusak Anda sendiri.

Untuk memperbaiki mouse rusak yang Anda perlukan hanyalah mengetahui jenis kerusakan dan memperbakinya. Oleh sebab itu berikut ini ada beberapa permasalah yang paling sering menimpa mouse Anda dan cara memperbaikinya. Pertama, yang paling kerusakan yang paling sering terjadi adalah pointer mouse yang tiba-tiba macet. Hal ini biasanya karena komputer crash atau hank. Jika permasalahan tersebut sudah bisa diatasi maka mouse juga akan beres dengan sendirinya.  Namun juga bisa mouse Anda yang rusak yaitu karena banyak debu dibawah mouse.

Jika mouse Anda masih mempergunakan bola besi maka debu akan memacetkan bola tersebut dan pointer macet juga. Jika mouse Anda sudah infra merah atau laser maka debu menutup sensor inframerah dan laser tersebut. Bersihkan dengan hati-hati mempergunakan kain bersih. Jika ada yang bandel, pergunakan sedikit saja alkohol di kain tersebut dan usapkan pelan-pelan sampai bersih  karena sensor sangat rentan goresan.  Kalau perlu pergunakan cotton bud dengan alkohol untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau hingga bersih.

 mouse rusak

Berikutnya adalah pointer mouse yang bergerak loncat-loncat. Masalah ini jelas sangat membuat jengkel karena Anda tidak akan bisa bekerja dengan presisi saat menempatkan pointer mengetik dan lainya. Masalah ini disebabkan oleh sensor yang kotor atau mouse pad yang tidak bersih sehingga tidak bisa memantulkan sinar inframerah. Bersihkan dengan hati-hati mouse padnya dengan kain bersih. Bisa juga masalah ini karena kabel yang hampir putus, cek kabel dengan melihatnya secara seksama.

Selanjutnya masalah pada tombol mouse. Anda dapat memperbaiki sendiri mouse rusak Anda dengan membongkar secara hati-hati mouse tersebut  dan cek kondisi push button-nya.  Jika sudah lemah dan tidak bisa kembali saat ditekan maka memang Anda harus beli mouse lagi. Namun jika hanya ada debu, maka bersihkan saja dan mouse Anda bisa beres lagi.

Jika kerusakan yang terjadi adalah karena kabel putus, maka Anda bisa memperbaiki sendiri mouse rusak Anda dengan mengganti kabel mouse tersebut dengan kabel mouse lain yang masih baik kondisinya.  Pada saat memasang perhatikan warna-warna kabel tersebut dan cocokkan dengan posisinya masing-masing. Solder dengan hati-hati agar tidak saling menyatu satu sama lain. Nah, selesai bukan?

mouse rusak

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *