Memberikan Perintah Pada Windows Melalui SMS Dengan Mudah

By on January 3, 2014
5. Memberikan Perintah Pada Windows Melalui SMS dengan Mudah

Apakah Anda sedang berada di jalan, sedang terburu-buru untuk rapat di pagi hari, namun Anda tersadar telah meninggalkan komputer di rumah dengan keadaan menyala. Biasanya, Anda memang akan pulang kembali ke rumah dan mematikan komputer tersebut dikarenakan akan memakan biaya listrik yang banyak kalau dibiarkan menyala, tetapi tidak di zaman sekarang ini. Hari ini, Anda hanya tinggal menepi saja di pinggir jalan, lalu memberikan sebuah perintah Windows melalui SMS yang berbunyi “shutdown#mycomputer”, lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda menuju kantor. Selesai.

Skenario dari perintah Windows seperti yang sudah di jelaskan di atas memang dapat saja terjadi, mungkin memang Anda harus melakukan scan dari virus, membackup dari website, ping ke server dan juga mengirimkan email serta melakukan seluruh dari semua daftar pekerjaan Anda langsung dari PC di rumah Anda, sementara Anda sedang tidak berada di rumah. Tidak hanya mungkin saja, tetapi sebenarnya hal ini sangatlah mudah untuk bisa dilakukan dengan cara menggabungkan Dropbox dengan IFTTT, dan kemudian menulis Windows Script yang sederhana saja. Jika memang Anda baru mengenal dan pertama memakai Dropbox, sebaiknya lihatlah terlebih dahulu dari panduan lengkapnya.

Janganlah takut, disini akan ada petunjuk bagi Anda untuk mengatur sistemasi seperti diatas, cara untuk menulis command Windows Script pertama Anda yang nantinya bisa memicu dari penggunaan SMS, serta ada beberapa daftar script yang lainnya yang memang bisa Anda jalankan di PC yang ada dirumah melalui pesan pada ponsel Anda secara sederhana.

dropbox, aplikasi, windows

Pertama mengatur Dropbox dan IFTTT. Beginilah cara sistem ini dapat bekerja. Pertama-tama, Anda akan mengirimkan SMS command menuju IFTTT, yang kemudian mengambil sebuah perintah dari Anda serta menerjemahkannya ke dalam file teks yang nantinya akan ditempatkan di dalam folder yang khusus pada akun Dropbox milik Anda. Sementara itu, nantinya Anda harus mengkonfigurasikan PC Anda untuk bisa memonitor dengan teratur pada direktori tersebut serta memantau dari file teksnya. Pada saat file teks itu baru saja terlihat, maka komputer Anda nantinya akan mengikuti perintah windows yang dapat mengidentifikasikan berdasarkan dari nama file.

Langkah yang pertama yaitu dengan membuat sebuah folder khusus pada akun Dropbox dan folder tersebut hanya ditujukan bagi IFTTT yang memungkinkan untuk menempatkan file “perintah”. Setelah Anda membuatnya, pergilah ke akun IFTTT dan membuat resep baru. Pilihlah SMS sebagai pemicunya, lalu “Send IFTTT and SMS tagged” untuk pemicu. Hal ini yang nantinya memungkinkan Anda untuk bisa menentukan SMS khusus yang bisa memicu IFTTT ini dalam mengambil sebuah tindakan. Anda bisa menghubungi tag khusus yang memang Anda inginkan, misalnya saja #mycomputer.

IFTTT ini menyediakan sebuah nomor telepon yang khusus digunakan untuk mengirimkan perintah dari SMS. Catatlah nomer tersebut dan simpanlah pada daftar kontak Anda. Selanjutnya, masih dalam IFTTT, Anda haruslah memilih sebuah action “This”. Lalu pilihlahsaluran Dropbox Action dan kemudian pilihlah action “Create a text file”. Nantinya jika Anda menginginkan IFTTT ini menempatkan file teks bernama shutdown.txt ke dalam folder Dropbox milik Anda, maka Anda haruslah mengirimkan frase “shutdown.exe #mycomputer”. Ya itusaja. Selesai.

dropbox, aplikasi, windows

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *