Melakukan Hibernate Yang Praktis Pada PC Anda

By on January 22, 2014
Melakukan Hibernate Yang Praktis Pada PC Anda

Bagi Anda pengguna PC, laptop atau notebook, pasti familiar dengan istilah hibernate. Hibernate dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai istirahat. Begitu pula dalam komputer, hibernate bisa berarti dihentikannya aktivitas komputer baik hardware maupun softwarenya. Bedanya dengan shut down, hibernate tidak mematikan sistemnya, namun hanya diistirahatkan. Jadi Anda bisa membuka kembali komputer Anda tanpa kehilangan aplikasi atau dokumen yang Anda buka. Tentu saja dengan cara ini Anda tidak akan repot membuka kembali aplikasi atau dokumen Anda lagi. Selain itu, hibernate juga akan menghemat daya komputer anda.

Pada prinsipnya hibernate adalah tindakan menyimpan data yang ada dalam komputer ke dalam hard disk. Inilah yang membuat Windows secara langsung kembali ke posisi kerja terakhir setelah Anda membukanya kembali. Artinya Anda tidak perlu menunggu proses booting dari awal pada komputer Anda. Menu hibernate ini terdapat pada panel start. Anda bisa klik start kemudian cari panel shut down dan klik tanda panahnya. Disitu terdapat pilihan switch user, log off, lock, restart, sleep dan hibernate. Klik pilihan hibernate dan komputer Anda akan berhenti bekerja dengan layar yang mati.

                                    hibernate, komputer, pc, tips hibernate

Mungkin dengan cara tersebut Anda merasa masih belum praktis. Bagi Anda yang buru-buru apalagi dengan komputer yang performanya agak lambat, pasti membutuhkan cara cepat. Ada cara agar Anda dapat mengklik menu hibernate dengan cepat. Yakni dengan membuat shortcut atau jalan pintasnya. Shortcut ini dapat Anda tampilkan di desktop, jadi Anda tidak harus mencari lagi di menu start. Pertama-tama Anda klik kanan pada desktop hingga muncul kolom ‘new’ dan pilih ‘shortcut’. Setelah muncul kolom ‘create shortcut’, isikan: %windir%\system32\rundll32.exe PowrProf.dll, SetSuspendState pada kolom ‘type of location’.

Setelah kolom tersebut terisi, kemudian tekan atau klik ‘next’. Selanjutnya berilah nama pada shortcut tersebut dengan nama misalnya ‘hibernate’. Terakhir, klik ‘finish’ untuk menyelesaikan proses. Anda juga bisa mengubah icon dari shortcut hibernate tersebut. Caranya adalah klik kanan pada shorcut yang Anda buat tadi dan pilih ‘properties’ dan klik ‘change icon’. Dengan mengubah icon, Anda bisa melakukan kustomisasi shortcut ini. Mudah bukan untuk membuat shortcut hibernate pada komputer anda?

Cara yang sangat sederhana untuk membuat shortcut. Yang perlu Anda perhatikan adalah pengisian ‘type of location’. Jika Anda salah pada salah satu simbol atau huruf saja tentunya pembuatan shortcut ini tidak akan berhasil. Anda bisa menyimpan keypass ke dalam notepad agar saat hendak membuat shortcut Anda tinggal mengcopynya. Dengan kombinasi huruf dan simbol, jarang ada orang yang hafal keypass tersebut. Demikianlah panduan singkat dalam membuat shortcut hibernate untuk anda. Semoga bisa bermanfaat dalam hal pengoperasian komputer anda.

 hibernate, komputer, pc, tips hibernate

BACA JUGA:

Mau Meningkatkan Keamanan Lock Screen Pada Android Anda? Maka Gunakan Tips Ini

Windows Phone Dari Samsung

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *