Masalah Datang Lagi dari Prosesor iPhone

By on October 11, 2015
2. Masalah Datang Lagi dari Prosesor iPhone 1

Apple kembali mendapatkan masalah, saat pengguna iPhone 6S dan 6S Plus menemukan pada dua perangkat ini, terdapat prosesor yang dibuat oleh pabrikan yang berbeda. Para pengguna melakukan pengujian dan menemukan bila kekuatan dan daya tahan baterai berbeda antara prosesor yang satu dengan lainnya. Pengguna menemukan bila daya tahan baterai tidak terlalu baik dan cepat habis.

Menanggapi keluhan dari penggunanya, pihak Apple menyampaikan beberapa informasi mengenai perbedaan peforma pada prosesor iPhone ini. Menurut pihak Apple, prosesor A9 dari pabrikan Samsung dan TSMC ini tidak jauh berbeda. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna ini tidak didasari oleh penggunaan perangkat dan baterai di dunia nyata.

Menurut pihak Apple, memang ada perbedaan antara daya tahan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Akan tetapi, perbedaan tersebut hanya sekitar 2 hingga 3 persen antara prosesor A9 yang dibuat oleh dua pabrikan tersebut. Hasil ini berbeda jauh dengan pengujian yang dilakukan pengguna iPhone, yang menemukan adanya perbedaan hingga 50 menit daya tahan baterai.

Ada beberapa pengguna yang melakukan pengujian ini. Misalnya, salah satu pengguna dengan akun mydrivers menunjukkan prosesor dari TSMC lebih baik daripada Samsung. Hasil ini sama seperti hasil pengujian yang dirilis BGR.com.

YouTubers, Austin Evans dan Jonathan Morisson juga menemukan bahwa prosesor TSMC lebih baik dari Samsung. Prosesor iPhone yang dibuat Samsung lebih cepat panas dan mengkonsumsi daya baterai lebih banyak.

Apple sendiri juga sudah melakukan pengujian dan menggunakan data dari pengguna. Dan, hasil pengujian mereka menemukan perbedaan yang terjadi antar prosesor masih sama seperti disebutkan diatas, yaitu 2 hingga 3 persen.

Pihak Apple juga mengungkapkan bahwa untuk melakukan pengujian terhadap produk mereka, mereka menggunakan fasilitas laboratorium yang lengkap. Kedua prosesor tersebut diuji dengan diberikan beban kerja yang berat secara terus menerus. Pengujian ini dilakukan hingga daya baterai habis dan didapatkan data yang sebenarnya.

Sedangkan pengujian yang diakukan pengguna tidak dapat dikatakan akurat. Pada pengujian yang dilakukan pengguna ini, tidak diperhitungkan mengenai penggunaan daya CPU yang realistis. Hasil yang didapat juga tidak menunjukkan kemampuan sebenarnya dari prosesor A9 dari iPhone.

Perbedaan yang begitu mencolok yang ditemukan tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, data seluler yang masih hidup atau kecerahan layar dan lainnya. Jadi, hasil dari pengujian oleh pengguna ini tidak dapat dijadikan dasar untuk menentukan peforma dari kedua prosesor A9 tersebut.

Meskipun dikatakan sebagai hasil yang tidak dapat dijadikan dasar penilaian peforma prosesor iPhone, namun tetap saja isu ini menambah berita miring mengenai perusahaan berlambang buah apel ini. Sebelumnya, mereka juga mengalami banyak masalah, mulai dari adanya bug pada WatchOS 2 hingga masalah pada antena iPhone 4.

Prosesor iPhone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *