Mana yang Lebih Unggul : Android 5.0 Lollipop vs iOS 8

By on February 19, 2015
3.Mana yang Lebih Unggul  Android 5.0 Lollipop vs iOs 8.2

Perusahaan teknologi raksasa, Google dan Apple sampai saat ini masih terus bersaing secara ketat di bidang sistem operasi mobile di mana Google mengandalkan Android dan Apple mengandalkan iOS. Kedua perusahaan tersebut baru – baru ini telah meluncurkan versi terbaru dari sistem operasi yang mereka miliki.

Belum lama ini Google telah memperkenalkan sistem operasi Android versi terbaru yakni Android 5.0 Lollipop dan Apple juga memperkenalkan iOS 8 bersama – sama dengan kehadiran perangkat iPhone 6 beberapa waktu yang lalu. Sejumlah rangkaian ujicoba juga turut dilakukan karena banyak yang penasaran ingin mengetahui manakah yang lebih kuat dari kedua sistem operasi populer versi terbaru tersebut.

Ujicoba ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kinerja smartphone mobile ketika menjalankan aplikasi. Kedua OS tersebut diuji untuk melihat sistem operasi manakah yang mempunyai performa tangguh dan sering menjadi penyebab utama terjadinya crash pada aplikasi yang tengah berjalan di dalam sistem operasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman ZDNet, diungkapkan hasil ujicoba antara OS Android Lollipop dengan iOS 8 yang dilaksanakan oleh Cirttericsm. Mereka berniat untuk mencoba dan mengukur performa yang terdapat pada smartphone berdasar sistem operasi yang digunakan di dalam smartphone tersebut.

Berdasar hasil pengujian yang dilakukan Cirttericsm tersebut, iOS 8 disebut lebih sering terjadi crash. Sementara itu OS Android 5.0 Lollipop dianggap lebih stabil 0,2 persen dengan presentase crash rate sebesar 2 persen dibandingkan iOS 8 yang mempunyai crash rate 2 persen.

Jika dibandingkan dengan iOS generasi sebelumnya, sistem operasi terbaru besutan Apple tersebut ditemukan lebih sering mengalami crash dibandingkan perangkat yang menjalankan sistem operasi sebelumnya yaitu iOS 7. Sistem operasi versi yang terdahulu itu hanya mempunyai presentase crash rate 1,9 persen.

Kestabilan sistem operasi Android 5.0 Lollipop ternuata mempunyai presentase crash rate yang paling rendah jika dibandingkan dengan sistem operasi Android versi sebelumnya di mana sistem operasi yang baru ini mempunyai crash rate hanya 2 persen. Sementara itu Android KitKat memiliki crash rate sebesar 2,6 persen dan OS Android Ice Cream Sandwich juga 2,6 persen.

Google sebagai pemilik sistem operasi Android saat ini memang sudah berhasil membuktikan bahwa mereka mampu mengungguli kemampuan yang disuguhkan oleh Apple untuk sektor sistem operasi. Tetapi berbicara mengenai popularitas produk di pasaran dengn sistem operasi iOS 8 milik Apple nampaknya masih jauh lebih menarik dan potensial untuk pasar dibandingkan OS Android Lollipop.

Hal ini disebabkan karena sistem operasi iOS sudah dikenal lebih dulu oleh masyarakat global dan menyasar segmen premium. Oleh sebab itu produk dan sistem operasi milik perusahaan berlambangkan gambar buah apel yang digigit tersebut masih lebih mendapatkan tempat di hati masyarakat.

 android lollipop, android terbaru, os android, hp android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *